Traveler, 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan Wanita Solo Traveling

Hola, Travelers!

Bagaimana rasanya seorang wanita traveling Solo? Apakah menyenangkan?

Solo traveling tidak hanya berlaku untuk pria, lho! Kini, sudah banyak kaum wanita yang berani untuk bepergian sendirian. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Selain lebih bebas, solo traveling bagi wanita adalah cara untuk mengekspresikan diri lebih jauh lagi. Datang ke kota baru, bertemu wajah baru hingga mencicipi kuliner lokal baru, itu yang bikin menarik dari solo traveling.

Namun, wanita yang memutuskan solo traveling tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh persiapan matang dari berbagai sisi, termasuk soal keselamatan diri. Butuh keberanian lebih bagi Anda, terutama perempuan, untuk traveling sendirian.

Ada beberapa hal selain faktor keamanan yang patut diperhatikan. Sebelum solo traveling, inilah beberapa hal yang perlu disiapkan.

Nah, untuk Anda, para wanita yang berencana solo traveling, ada 7 hal wajib yang harus diperhatikan.

1. Lakukan Riset Destinasi Solo Traveling yang Cocok Untuk Wanita

Wanita solo traveling
Sumber gambar : Unsplash.com

Riset destinasi traveling sebelum Anda memutuskan untuk berangkat liburan sendiri penting banget. Pelajari adat istiadat lokasi yang akan Anda datangi. Coba hafalkan beberapa kata dalam bahasa lokal agar dapat berkomunikasi. Cobalah berbaur dengan mereka agar Anda merasa aman walaupun jauh dari keluarga.

2. Simpan Dokumen Penting di Satu Tas

Solo traveling untuk wanita
Sumber gambar : unsplash.com

Letakkan semua dokumen penting Anda dalam satu tas tersendiri. Hal sangat penting terutama saat berada di luar negeri adalah dokumen pribadi. Kehilangan dokumen penting, seperti paspor dan KTP, akan sangat merepotkan.

3. Obat-obatan dan Dana Darurat

Destinasi untuk wanita solo traveling
Sumber gambar : IDNtimes.com

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan wanita solo traveling adalah obat-obatan dan uang tunai. Jangan biasakan bergantung pada orang lain. Tujuan melakukan solo traveling salah satunya adalah melatih kemandirian. Mempelajari cara-cara pertolongan pertama akan sangat membantu.

Bergantung pada kredit card dan ATM tak terlalu bagus. Tak selamanya kita dapat menemukan mesin atm di perjalanan. Anda tak pernah tahu jika tiba-tiba kartu tidak dapat diakses. Pisahkan dana darurat dalam bentuk tunai saat berangkat. Simpan dalam tempat rahasia yang tak mudah dijangkau orang lain.

Baca juga : 10 Tips Seru Traveling Bersama Anak

4. Bersikap dan Berbusana Sewajarnya

Wanita Solo Traveling
Sumber gambar : unsplash.com

Menonjolkan diri sebagai seorang turis tak selamanya baik. Terkadang hal tersebut justru membentuk jarak dengan warga lokal.

Cara berpakaian adalah cara adaptasi yang paling mendasar dan paling ampuh bagi tiap traveler. Jangan sekali-kali memamerkan harta, seperti perhiasan, gawai, atau bersikap sombong hanya karena Anda seorang wisatawan.

5. Bawa Barang Secukupnya

Solo traveling untuk wanita
Sumber gambar : IDNtimes.com

Wanita memutuskan solo traveling berarti harus mempersiapkan banyak hal jauh lebih matang. Termasuk bawaan pakaian dan perlengkapan bersolek. Sayang, banyak pelaku kejahatan mengincar korban yang terlalu repot membawa banyak tas maupun koper. Sebisa mungkin, usahakan membawa tas seminimal mungkin. Saring lagi mana barang yang perlu Anda bawa dan mana yang tidak.

Baca juga : 10 Barang Penting yang Wajib Dibawa Solo Traveling

6. Isi Ponsel dengan Pulsa yang Cukup

Destinasi wanita solo traveling
Sumber gambar : travelingyuk.com

Selain uang saku dan perbekalan yang cukup, yang tak kalah penting diperhatikan oleh wanita solo traveling adalah isi ponsel Anda dengan pulsa. Hal ini untuk berjaga-jaga bila ada keadaan darurat hingga Anda membutuhkan bantuan dari nomor-nomor penting.

7. Kontrol Nafsu Makan

Solo traveling untuk wanita
Sumber gambar : unsplash.com

Bepergian ke berbagai daerah, tentunya Anda tak ingin melewatkan kuliner khas yang ada. Namun, ingat. Anda harus tetap menjaga nafsu makan Anda. Jangan sampai, sepulang traveling baju Anda banyak yang tidak muat karena kalap mencoba berbagai makanan khas daerah yang Anda kunjungi, ya.

Travelers, 7 hal di atas bukan hal yang sulit untuk dilakukan, bukan? Hal remeh, namun sangat berarti untuk wanita Solo Traveling. Dan jangan lupa, Anda harus menyiapkan apa pun yang dibutuhkan jauh-jauh hari, ya, agar Solo Traveling berjalan sesuai keinginan. Selamat mencoba dan menikmati liburan.

malica ahmad
About the author

Hello, I am Malica Ahmad. Indonesian Blogger, Lifestyle and Travel Blogger, Writerpreneur, Ghostwriter, and exciting about SEO Content Writing. Send me message of offering job here malicaahmad13@gmail.com

Tinggalkan komentar