Belajar SEO On Page untuk Pemula

“Punya website cakep kayak percuma aja ya. Sementara sepi pengunjung. Enaknya diapain dong?“

Pernah mikir kayak gitu nggak? Saya dulu pernah berpikiran konyol seperti kalimat di atas. Bahkan parahnya, saya hampir migrain gegara terjun ke dunia blogging yang ternyata banyak istilah-istilah aneh yang tidak dipahami. Salah satunya adalah SEO.

SEO atau search engine optimization adalah sebuah teknik optimasi website menggunakan kata kunci khusus yang harus Anda kuasai sekaligus diaplikasikan agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Syaratnya tanpa menunda nanti dan nanti.

Kenapa nggak boleh menunda?

Ya, kalau ditunda terus bakalan lupa. Karena belajar SEO itu bukan sekadar memahami teori saja, tetapi pengaplikasian antara teori dan praktik haruslah seimbang. Tetapi sayangnya, pemula seperti saya ini acapkali takut dengan SEO . Secara materinya nggak ada di sekolah nih. Hahaha …  jadi, kayak barang aneh dan langka. Begitu saya menyebutnya.

Meski demikian, Anda nggak boleh panik. Selama ada kemauan, pastilah ada jalan. Ingat pepatah tersebut bukan?

Nah, kali ini saya bakal bocorin panduan belajar SEO untuk pemula dari nol. Semoga dari tulisan di artikel ini, Anda yang belum paham dengan SEO menjadi lebih sedikit paham. Sekalipun artikel ini saya ringkas dari hasil ikut kelas belajar SEO On Page bareng Mas Irwin dan Mas Pewe. Siap menyimak, kan?

Konsep Dasar SEO untuk Pemula

Seringkali Anda melakukan pencarian di google, lalu melihat deretan website menduduki peringkat 1 sampai 10. Artinya, website-website tersebut berada di halaman pertama atau istilah kerennya adalah page one.

Website-website tersebut tidak nangkring begitu saja masuk di urutan page one halaman pencarian google. Akan tetapi website tersebut bisa dikatakan berkualitas dan relevan di mata google.

Nah, cara membuat agar berkualitas di mata google tersebut, salah satu faktornya adalah dengan memainkan teknik SEO. Namun dalam praktik SEO pun tidak sembarangan. Anda harus belajar beberapa komponen SEO, seperti:

  • Riset kata kunci sebelum membuat artikel
  • Analisa kata kunci dengan tool SEO yang relevan
  • Membuat konten berkualitas yang teroptimasip
  • Membangun popularitas melalui backlink
  • Melakukan audit performa SEO

Kelima hal ini sudah saya pelajari di kelas SEO on Page bersama ahlinya langsung. Nggak usah dibayangin lah gimana mumetnya saya. untungnya, ini kelas regular yang bebas bertanya kapan saja. Andai kelas gratisan, dipastikan saya bakal terdepak duluan oleh Mas Irwin. Hahaha

Baca juga : Di Balik Nama My Words’ Journey dan 380 Hari Perjalanannya

Mengenal Apa itu Google Analytic Sebagai Pondasi Belajar SEO Pemula

Langkah selanjutnya setelah paham tentang konsep dasar SEO untuk pemula, maka Anda harus memahami juga tentang Apa itu Google Analytic.

Menurut Wikipedia, Google Analytic adalah layanan gratis dari google yang menampilkan statistic pengunjung sebuah situs web. Fungsinya, google analytic mampu menelusuri pengunjung blog kita berdasarkan informasi halaman sebelum sampai ke halaman blog kita. Bisa dari mesin pencari, iklan, jaringan pay per click, email marketing, hingga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF pun bisa.

Nah, di kelas SEO On PAGE ini akan dibantu kupas tuntas tentang 4 data penting yang wajib dipelajari dari google analytic, yaitu:

  1. Realtime
  2. Demografi pengunjung
  3. Jumlah Trafik
  4. Perilaku pengunjung

Wah, menarik sekali!

Siap-siap pusing lagi deh. hehehe tapi percayalah, asyik kok belajar SEO itu. sekalipun kita emak-emak, upgrade diri soal optimasi SEO juga penting banget, lho.

Memahami Fungsi Google Search Console untuk SEO Pemula

Setelah pusing belajar Google Analytic, materi selanjutnya masih tentang tools keren pendukung optimasi SEO, yakni Google Search Console atau lebih popular dengan sebutan GSC.

Mengutip materi dari Coach Irwin, dulunya Google Search Console ini lebih dikenal dengan google web master. Yang mana fungsinya adalah untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik google.

Dengan memanfaatkan tools google search console ini, kita bisa mengetahui kinerja blog , berapa jumlah klik, mengetahui domain yang memberikan link ke website kita, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.
Sementara untuk fungsi google search consule ini dibagi menjadi 4 poin, antara lain:

  • Melihat Kinerja blog kita dari sisi SEO
  • Melihat cakupan halaman terindeks di google
  • Melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari sebuah website
  • Inspeksi URL

Gimana-gimana, siap-siap pusing lagi? hahaha next lanjut ke sesi materi selanjutnya ya. Dijamin lebih keren parah.

Memahami Tentang Keyword Research

Inilah saatnya menguji kesabaran seorang blogger, yakni dengan belajar keyword research. Emang, apaan sih keyword research itu?

Dari penjelasan Coach Irwin, yang dimaksud keyword research adalah suatu riset yang dapat dilakukan sebagai strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari.

Keyword Research ini, adalah senjata para blogger untuk meningkatkan trafik tanpa melakukan blogwalking sesama blogger. Jadi, trafik Anda didapatkan dari hasil pencarian kata kunci yang relevan.

Untuk belajar keyword research ini, Anda harus memahami dua macam keyword research berdasarkan jumlah kata:

Short keyword : kata kunci yang jumlah kata terdiri antara 2-3 kata. Contoh: Wisata Solo, Kuliner Lamongan, Trip Online, dll.

Long Keyword : kata kunci yang jumlahnya lebih atau sama dengan 4 kata. Contoh: Jual Beli Mobil di Jakarta, Toko Online Murah Surabaya, Wisata Solo Murah dan Hemat, dan lain-lain

Gimana? Sudah sedikit nangkap belajar optimasi SEO-nya?

Parameter SEO On Page Pemula

Nah, materi ke-5 ini inti dari artikel saya ya. setelah langkah-langkah awal dipraktikkan, saatnya Anda mempraktikkan teknik SEO on Page di dalam artikel. Di sini saya akan membocorkan beberapa poin yang bisa Anda praktikkan, antara lain:

  • Menambahkan keyword di judul dan panjang judul 55 karakter
  • Meletakkan keyword di permalink
  • Meletakkan keyword di deskripsi
  • Meletakkan keyword di 150 paragraf pertama
  • Mengoptimalkan fungsi heading
  • Menambahkan keyword pada image
  • Menyisipkan internal link dalam artikel
  • Menggunakan LSI keyword

Nah, poin-poin di atas bisa Anda praktikan secara konsisten jika ingin Artikel masuk di pencarian halaman pertama google. Gimana, siap?

Optimasi SEO Off Page untuk Pemula

Materi terakhir tentang optimasi off page ini disampaikan oleh Coach Pewe, yang menurut saya memang sudah ahli banget main ginian. Emang main apaan? Entahlah, kadang saya mumet kalau udah berurusan dengan backlink. Tetapi kata Mas Pewe, kalau mau blognya subur, blogger harus rajin menanam.

Nah, berikut 3 poin penting memahami seo off page, yaitu:

  • Rajin share artikel ke media sosial
  • Pahami link building
  • Pahami apa itu backlink

Belajar SEO itu menyenangkan. Bahkan saya bilang bikin nagih. Karena semakin sering Anda bermain dengan kata kunci, maka rasa penasaran tentang SEO pun akan lebih.

Bersyukur banget bisa ikut upgrade ilmu di kelas SEO on page batch dua reguler yang dimentori oleh coach Irwin dan Coach Pewe. Berkat bimbingan mereka, emak-emak seperti saya yang terbiasa pegang Sutil jadi tahu betapa bermain kata kunci itu penting.

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

SERUNYA 20 JAM BERLAYAR KE PULAU LOMBOK DENGAN KAPAL...

Hola, Travelers! Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman seru bersama keenam travel blogger naik...

WAE REBO, KAMPUNG DI ATAS AWAN UNIK DAN MENAWAN

Kau mainkan untukku Sebuah lagu tentang negeri di awan Dimana kedamaian menjadi istananya Dan kini tengah kaubawa Aku...

Wajib Tahu! Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di...

Hola, Travelers! Sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Rasanya belum lengkap jika ke Banyuwangi, Anda tidak...

Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu...

Hola, Travelers! Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak...

5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers! Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis. Jawa...

Popular Categories

Comments

  1. Alhamdulillah dari belajar SEO On Page, aku bisa ngerti sedikit demi sedikit ilmu tentang blogging.
    Walau masih banyak banget yg belum aku pahami, tapi prinsip aku adalah (tidak membandingkan blog kita dengan orang lain, tapi bandingkan blog kita dahulu dan sekarang kemudian prosesnya untuk masa datang)
    #tsaahhh

  2. Wah, kudu belajar SEO nih, biar blog nggak terbengkalai gara-gara minder sepi kunjungan, ya kan?

    Bismillah, makasih ilmunya, Mbak. Bermanfaat banget buat blogger pemula seperti aku

  3. SEO oh SEO. Nggak ada matinya mba kita belajar SEO ini. Karena ilmunya terus berubah dan kita harus ikuti terus kalau nggak mau ketinggalan dan traffic blog kita turun. Hihihi. Semangat belajar kita

  4. Masih! belajar nih aku, belum oke banhet blogku, tapi kalau punya blig ada yang koment tuh rasanya punya nyawa aja gitu. Jarus lebih konsisten nih aku di off pagenya juga.

  5. Riset keyword nih yang masih perlu kulakukan. Seringnya malah nulis ya nulis aja engga pake riset-risetan. Akibatnya ya engga muncul deh di halaman google. Haha…
    Makasih sharingnya Mbak…

  6. Pelajaran tentang SEO ini seperti akuntasi jaman kelas satu SMA. Baru denger namanya aja tapi udah bikin sakit kepala. Padahal, sama seperti ilmu akuntasi yang setelah jadi emak-emak ternyata dibutuhkan banget – ya kali ibu-ibu nggak bisa ngitung pemasukan dan pengeluaran uang – SEO pun dibutuhkan seorang Content Creator. Jangan bilang ingin sukses kalau males belajar.

    Jadi, ini mungkin soal belum kenalan betul-betul, ya. Tak kenal maka kenalan harusnya.

    Jadi, kapan ini waktuku belajar SEO yaaa? Hahaha …

  7. Benar, belajar SEO memang menyenangkan sekaligus menantang ya Mbak. Senang juga pernah belajar SEO di ahlinya langsung kayak Mas Irwin dan Mas Pewe ini. Dari mereka juga saya akhirnya tahu kalau ngeblog itu bukan sekadar menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here