Cara Atasi Kulit Kepala Gatal Agar Traveling Nyaman

Hi, Traveler!

Menjaga penampilan ketika akan pergi traveling itu sangat penting. Bahkan bisa dikatakan, sebelum traveling akan dilakukan, Anda harus membuat persiapan yang matang guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan nantinya. Salah satunya terkait masalah kulit kepala gatal.

Nah, ngomongin soal masalah kulit kepala gatal, ternyata kerap terjadi pada para traveler perempuan yang berhijab. Ingin digaruk, tapi kok di depan umum. Semisal nggak digaruk, tetapi gatalnya minta ampun. Pernah ngalamin yang begini? Pasti bikin mati gaya, kan?

Saya pernah. Dan sepertinya salah satu pengalaman saya yang cukup memalukan Rasanya nggak nyaman banget karena nongrong dengan banyak teman, eh, nih kepala nggak bisa diajak kompromi. Menyebalkan.

Akhirnya, saya pun berkata dalam hati,Next traveling, aku nggak mau gini ah. Malu-maluin aja deh. Jadinya pengen ke kamar mandi lepas hijab kan?

Suara hatinya konyol banget waktu itu. Hahaha Tetapi memang nggak dimungkiri sih jika perempuan berhijab akan mengalami masalah rambut lepek, rontok, bau karena keringat, atau bahkan berketombe. Ini wajar banget karena sirkulasi udara berkurang di area tertutup, terutama di area kepala dan rambut.

Nah, Travelers pernah mengalami masalah yang sama? Saya coba bagi tips mengatasi kulit kepala gatal saat traveling, ya.

1. Pastikan Kondisi Rambut Sehat dan Bersih Sebelum Berangkat Traveling

Mungkin langkah awal menghindari masalah kulit kepala gatal saat traveling adalah memastikan kondisi rambut sehat dan bersih. Nggak tahu gimana ciri-ciri rambut sehat? Beberapa Poin berikut bisa Anda gunakan acuan, ya.

  • Tekstur rambut lembut saat disentuh. Travelers bisa mengeceknya dengan cara menelusuri helai demi helai rambut dengan jemari. Ketika jemari Anda terasa mulus dan halus saat menyentuh sela-sela rambut tersebut.Di situlah tanda bahwa rambut tidak bermasalah.
  • Sedikit mengalami kerontokan
  • Rambut tidak mudah patah saat ditarik atau disisir
  • Rambut tidak mudah kusut
  • Rambut lebih gampang menyerap nutrisi dan kelembapan dengan baik

2. Memilih Bahan Hijab yang Tepat

Setelah memastikan rambut Anda sehat, cara mencegah rambut gatal saat traveling adalah memilih bahan hijab yang tepat.

Terlihat sepele, namun bisa saya katakan penting. Anda bisa memilih jenis kain yang ramah kulit agar udara lebih mudah keluar dan masuk. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan kain chiffon atau katun.

3. Tidak Disarankan Memakai Hijab saat Rambut Basah

Memakai hijab saat rambut basah juga bisa memicu masalah kerontokan dan bau pada rambut. Sehingga sangat disarankan untuk menunggu rambut kering secara alami. Setelah itu, Anda bisa mengenakan hijab kembali.

Tetapi apabila Anda ingin rambut kering dengan cepat, maka gunakan hair dryer. Pastikan Anda mengatur temperature rendah dengan jarak 10-151 sentimeter gunaa menghindari kerusakan pada rambut.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Wanita saat Solo Traveling

4. Memakai Minyak Rambut dari Bahan Kelapa

Minyak kelapa memang memiliki bau yang sedikit menganggu. Akan tetapi menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut sehat sangat banyak manfaatnya.

Gunakan seminggu sekali untuk menjaga rambut tetap sehat sekaligus terhindar dari masalah kulit kepala gatal.

5.Memakai Topi atau Alat Pelindung Lainnya Selain Hijab

Meski berhijab, memakai topi sebagai alat perlindungan saat traveling itu penting, lho. Secara tidak langsung, topi akan menjadi pelindung Anda dari panasnya matahari.

6.Lepas Hijab Setelah Anda Selesai Melakukan Traveling

Strategi lain untuk membuat rambut Anda sehat dan bebas dari kulit kepala gatal bagi perempuan berhijab saat melakukan traveling adalah melepas hijab sesampainya di penginapan.Dengan melepas hijab, Anda telah memberikan kesempatan pada rambut untuk menghirup udara segar dengan bebas.

Baca juga: 10 Barang Penting Wajib Dibawa Saat Solo Traveling

7. Memakai Shampoo yang Cocok untuk Rambut Anda

Pada umumnya, perempuan berhijab memiliki rambut yang cenderung berminyak dan lembab. Untuk itu, pilihlah produk shampoo yang berbahan ringan, terutama untuk kulit kepala yang sensitif sehingga masalah seperti kulit kepala gatal pun bisa teratasi.

Di sini saya merekomendasikan Dove yang mengandung kebaikan alami Habbatussauda. Minyak zaitun yang terkandung di dalam shampoo dove habbatussauda Scalp Strenght Ritual menutrisi kepala sejak pertama kali keramas serta membuat rambut menjadi sehat dan lebih kuat.

Yang bikin rileks dan nagih keramas dengan sampai Dove, gunakanlah air dingin saat keramas. Dijamin, masalah kulit kepala gatal saat traveling yang bikin Anda mati gaya bakal lenyap. Dan selanjutnya, Anda pun bisa mengatakan bye-bye masalah rambut yang nyebelin. Hehehe

Tujuh tips sederhana di atas bisa Anda praktikkan dengan mudah, khususnya para hijab traveler yang ingin merasakan traveling nyaman tanpa gangguan kulit kepala gatal. Selamat mencoba, ya!

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

SERUNYA 20 JAM BERLAYAR KE PULAU LOMBOK DENGAN KAPAL...

Hola, Travelers! Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman seru bersama keenam travel blogger naik...

WAE REBO, KAMPUNG DI ATAS AWAN UNIK DAN MENAWAN

Kau mainkan untukku Sebuah lagu tentang negeri di awan Dimana kedamaian menjadi istananya Dan kini tengah kaubawa Aku...

Wajib Tahu! Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di...

Hola, Travelers! Sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Rasanya belum lengkap jika ke Banyuwangi, Anda tidak...

Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu...

Hola, Travelers! Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak...

5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers! Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis. Jawa...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here