Blog
Diamond beach nusa penida, “Surga yang Tersembunyi”

Diamond beach nusa penida, “Surga yang Tersembunyi”

Bali didaulat sebagai pantai terindah se-Asia. Sebuah pantai yang mencirikan #khasindonesia dengan air laut yang jernih dan warnanya kebiruan, salah satunya Diamond Beach Nusa Penida Bali.

Berbicara keindahan pantai di Nusa Penida rasanya tidak pernah habis untuk dinikmati.

Seorang teman traveler mengatakan bahwa di Nusa Penida Bali, banyak spot cantik untuk berswafoto mengabadikan gulungan ombak, sunset dan sunrise.

Tidak salah jika banyak yang menyebutnya sebagai surga dunia karena memang cantik menawan. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Diamond Beach Nusa Penida.

Mendengar namanya, pasti sudah terbayang keindahannya di depan mata. Apalagi wilayah ini masih asri karena letaknya yang tersembunyi.

Ini yang menjadikan Diamond Beach Nusa Penida sebagai salah satu pantai yang sangat dikagumi.

Namanya yang unik pun membuat penasaran wisatawan karena tidak identik dengan suatu wilayah. 

Sejarah Diamond Beach Nusa Penida Bali

Diamond beach
Sumber foto: @adewwahyu

Seperti pantai-pantai di Nusa Penida lainnya, Diamond Beach merupakan lokasi wisata dari area yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh penduduk lokal.

Karena keunikan dan kecantikannya tersebar ke seluruh penjuru, maka akhirnya banyak yang ingin datang melihat secara langsung. 

Karena banyaknya pengunjung yang ingin membuktikan keindahan pantai ini, maka pengelola setempat kemudian membangun berbagai sarana.

Jika sebelumnya, untuk dapat menapakkan kaki di pantai cantik ini perlu perjuangan ekstra, sekarang lebih mudah.

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk membuka akses wisatawan berkunjung dan menikmati Diamond Beach setiap saat.

Hal ini semakin mengundang wisatawan untuk datang dan menyaksikan langsung keindahannya.

Baca juga: Berburu Spot Kece di Kelingking Beach Nusa Penida Bali

Berapa Lama Turun ke Diamond Beach?

diamond beach nusa penida bali
Sumber foto: @batursunrise_

Diamond Beach terletak di Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali.

Sayangnya di wilayah ini belum tersedia bandar udara, jadi tidak ada penerbangan komersial.

Bagi yang mempunyai budget lebih, agar perjalanan lebih cepat bisa menyewa helikopter.

Secara reguler, wisatawan dapat datang dengan menggunakan boat dari beberapa dermaga besar di sekitarnya.

Jika berangkat dari Sanur hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Namun wisatawan harus sudah ada di dermaga satu jam sebelum keberangkatan. 

Kenapa Disebut Diamond Beach?

Beberapa objek wisata di Nusa Penida mendapat julukan atau nama sesuai kondisi alam dan bentuknya. Ini yang justru menjadikannya ciri khas.

Nama Diamond Beach Nusa Penida Bali diberikan karena lokasi pantai yang merupakan destinasi wisata baru ini dikelilingi oleh karst menjulang sehingga panggilan tersebut sesuai. 

Sebelum pembangunan sarana wisata, pecinta pemandangan alam hanya dapat menikmatinya dari atas tebing. Dengan pembangunan akses jalan, kini semua wisatawan dapat terjun langsung untuk menikmati keindahannya. 

Sekarang, untuk datang langsung ke Diamond Beach, pengunjung bisa melewati anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Lokasinya yang dikelilingi tebing menjadikan pemandangan sepanjang jalan terlihat sangat unik dan berkesan.

Bukan hanya indah, tetapi juga memberi sensasi berbeda. Meski harus menempuh perjalanan jauh, wisatawan akan puas melihat pantai yang cantik. 

Baca juga: Telaga Nilem, Wisata Air Sebening Kristal 

Harga Tiket ke Diamond Beach Nusa Penida

Jika ada yang menjelaskan tentang keindahan dan ciri khasnya pasti banyak orang bisa menebak Diamond Beach dimana.

Ya, kecantikan pemandangan dengan kars dan ombak jernih serta pasir putih yang terhempas merupakan ciri pantai yang berada di Nusa Penida. 

Untuk bisa melihat langsung matahari terbit dan tenggelam dari balik bukit, pengunjung cukup membayar dengan harga tiket sangat murah, yaitu Rp.5 ribu saja.

Meski tidak ada batasan waktu bagi wisatawan, sebaiknya berkunjung pada pagi atau siang hari. Jika malam penerangan sangat terbatas. Medan yang licin cukup berbahaya.

Dengan sekali membayar tiket, pengunjung dapat sepanjang hari bersantai sambil menikmati keindahan pantai yang sangat terkenal sampai mancanegara.

Jika ingin merasakan liburan yang lebih privasi, sebaiknya jangan datang ketika weekend karena pasti ramai.

Pemandangan Menakjubkan dari “Surga yang Tersembunyi”

Wilayah pantai ini sebenarnya hanya pendek karena terpotong oleh bukit karst. Namun hal ini justru membuat lokasi satu ini unik dan berbeda dari lainnya.

Hamparan air laut yang biru akan berpadu dengan putihnya pantai yang berisi. Pemandangan tersebut semakin cantik dengan datangnya ombak yang menjulang tinggi dan sangat bersih. 

Ketika melihat dari atas bukit, akan tampak seperti akuarium yang super besar.

Wisatawan bisa melihat langsung biota dalam laut yang menarik. Ikan besar kecil berenang ke sana ke mari. Sedangkan karang dengan bentuk unik menjadi tempat persembunyian ikan-ikan tersebut. 

Fasilitas Pendukung di Diamond Beach

Meski sudah ada, namun fasilitas umum yang ada di sekitar objek wisata satu ini masih terbatas.

Sebaiknya menyediakan sendiri perbekalan seperti makanan dan minuman sebelum berkunjung. Untuk tempat parkir sudah ada dan berjarak sekitar 20 meter dari lokasi wisata. 

Spot Cantik yang Ada di Diamond Beach

Hampir sama dengan  Diamond Beach Iceland, yang ada di Bali ini memang sangat memukau.

Pengunjung dapat menikmati kebebasan berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

Mulai dari deburan ombak, hamparan air pantai yang biru, pasir putih sampai ombak dan karst yang meruncing. Selain itu juga bisa mengabadikan dengan latar rumput serta tumbuhan liat yang jenisnya sangat banyak. 

Bagaimana Cara ke Diamond Beach?

Untuk bisa datang ke Diamond Beach Nusa Penida ada beberapa alternatif. Jika sudah berada di Pulau Bali dapat menggunakan speed boat dengan harga terjangkau.

Dermaga yang melayani penyebarang ada di Sanur dan Denpasar. Selama perjalanan, wisatawan akan mendapat suguhan pemandangan yang sangat indah. 

Setelah sampai, untuk menghilangkan penat dapat istirahat di Diamond Beach Bungalow. Duduk atau rebahan sambil mengarahkan pandangan ke laut lepas.

Suara deburan ombak dan semilir angin akan menambah lengkap keindahan alam Nusa Penida. 

Tertarik untuk melihat keindahan Diamond Beach Nusa Penida? Kamu bisa segera mengatur jadwal untuk berlibur.

Dengan budget terbatas, kamu bisa menikmati keindahan alam sepanjang hari tanpa ada gangguan. Biar nggak penasaran keindahan diamond beach, kamu bisa cuplikannya di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.