Blog
Green Bowl Beach, Keindahan Yang Tersembunyi di Bali Selatan

Green Bowl Beach, Keindahan Yang Tersembunyi di Bali Selatan

Nama Green Bowl beach mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda. Tak seperti pantai populer lainnya di Bali, Green Bowl memang masuk dalam jajaran pantai yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi.

Padahal pantai yang terkenal dengan nama Bali Cliff ini menawarkan panorama indah, pasir putih dan warna air laut biru kehijauan.

Khusus bagi Anda yang ingin menikmati pantai dengan situasi yang lebih nyaman dan menenangkan, tak ada salahnya mampir kemari.

Nah, sebelum melangkahkan kaki Anda ke sana, ada baiknya simak dahulu beberapa informasi berikut ini.  

Asal Usul Nama Green Bowl Beach

Tak hanya populer dengan nama Green Bowl, pantai ini juga bernama Bali Cliff. Disebut demikian karena dahulu tepat di atas tebing pantai terdapat hotel Bali Cliff.

Selain nama Bali Cliff, pantai ini juga terkenal dengan sebutan hidden beach Ungasan. Pemberian nama ini tak lain karena lokasinya berada di desa Ungasan, masih tersembunyi dan sepi dari pengunjung.

Lalu, dari mana sebenarnya nama Green Bowl beach Bali berasal? Ternyata ada alasan mengapa pantai ini dinamakan sebagai Green Bowl atau mangkuk hijau dalam bahasa Indonesianya. 

Penyebutan Green Bowl tak lepas dari kondisi pantai itu sendiri. Ketika air sedang surut maka akan tampak karang yang berbentuk seperti mangkuk yag penuh dengan lumut berwarna hijau.

Penampakan berupa mangkuk hijau ini akan tampak jelas jika Anda melihatnya dari atas tebing. 

Selain alasan ini, ada juga yang berkata bahwa Green Bowl berasal dari nama sebuah perusahaan. Katanya dahulu di sekitar pantai akan dibangun sebuah hotel oleh perusahaan PT Green Bowl. 

Lokasi Green Bowl Beach

Sebelum mengunjungi pantai ini mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya Green Bowl beach dimana lokasinya?

Pantai yang masih sepi dari pengunjung ini berada di desa Ungasan, kecamatan Kuta. Lebih tepatnya berada di bagian selatan kabupaten Badung.

Lokasinya juga berdekatan dengan pantai Pandawa Kutuh dan Melati Ungasan yang sangat terkenal dengan pantai pasar putihnya.

Supaya lebih mudah menemukan posisi pantai yang berada di paling selatan pulau dewata ini, Anda bisa melewati jalan raya. Jalan raya tersebut mengarah ke Pura Luhur Uluwatu Bali. 

Jika merasa bingung, Anda bisa menanyakan kepada penduduk setempat, dimana sebenarnya lokasi hidden beach ini berada.

Jika sudah menemukan lokasi tepatnya, Anda tak serta merta langsung berada di pantai dan menatap keindahan laut. Perlu tenaga ekstra untuk mencapai dan menginjakkan kaki ke pasir putih pantai Green Bowl.

Bagaimana tidak, Anda harus berjuang menuruni puluhan bahkan ratusan anak tangga sebelum menatap keindahaan air laut yang biru kehijauan.

Ketika akan pulang, Anda juga harus menaiki tangga-tangga ini kembali. Namun jangan khawatir, rasa lelah akibat turun naik tangga ini akan terbayar lunas dengan keindahan dari Green Bowl beach

Fasilitas Yang Tersedia di Green Bowl Beach Bali

Jika ingin menginap di sekitar pantai Green Bowl maka Anda tak perlu khawatir karena banyak hotel atau villa yang tersedia.

Rate untuk hotelnya pun mulai dari low budget sampai dengan hotel sekelas villa mewah. Beberapa hotel dan villa tersebut diantaranya adalah Bali Cliff, Nazeki Hostel, Green Bowl Beach Villas dan masih banyak lagi. 

Selain akomodasi berupa hotel, di sekitar pantai juga banyak terdapat tempat makan. Anda bisa memuaskan hobi wisata kuliner dengan mengunjungi beberapa tempat makan tersebut.

Menu yang ada pun beragam mulai dari western sampai makanan khas Bali bisa Anda coba di tempat ini. 

Fasilitas lain yang mungkin saja Anda perlukan yakni rental kendaraan. Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk mengelilingi desa Ungasan atau berwisata ke tempat lainnya.

Tips Berkunjung Ke Green Bowl Beach

Bagi yang ingin berkunjung ke Green Bowl beach, berikut beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan saat berwisata ke sana. 

  1. Saat berkunjung, perhatikan selalu bagaimana kondisi air laut. Bila air laut mulai pasang, segeralah kembali ke atas untuk menghindari bahaya yang mungkin saja muncul.
  2. Ada baiknya Anda berwisata ke hidden beach ini saat kondisi air laut sedang surut. Biasanya kondisi surut ini terjadi pada siang hari. 
  3. Siapakan kondisi fisik karena untuk menjangkau pantai ini, Anda perlu turun naik anak tangga yang jumlahnya ratusan. 
  4. Sediakan bekal terutama air minum, pasalnya di pantai ini orang yang berjualan tak selalu ada. Bila perlu Anda bisa membawa makanan dan camilan agar tak kelaparan ketika bersantai di pantai. 
  5. Jangan lupa memakai sun block untuk menghindari kulit terbakar oleh sinar matahari langsung. 

Demikianlah informasi mengenai Green Bowl beach yang ada di Bali. Semoga bermanfaat dan bisa jadi panduan bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *