Keindahan Pulau Kenawa di Sumbawa

Di Nusa Tenggara ada dua pulau dengan nama yang hampir sama, yaitu Pulau Kenawa di Nusa Tenggara Barat dan Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Timur. Kedua pulau ini memiliki keunikan dan keindahan alam yang luar biasa.

Sebelum jauh-jauh mengunjungi daerah wisata di luar negeri, baiknya eksplorasi dulu semua surga dunia yang ada di Nusantara, khususnya Pulau Kenawa, sebelah barat Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pulau kecil tanpa penduduk yang luas daratannya sebesar 15 hektar ini dikelilingi oleh garis pantai dengan pasir putih dan gusung yang menawan. Hanya ada satu jembatan sebagai tempat bersandar perahu yang singgah di pulau ini.

Yuk, ulik keunikan Pulau Kenawa yang jadi tempat liburan terbaik di NTB.

1. Bentang Alam yang Unik

Pulau Kenawa berbatasan langsung dengan pulau Sumbawa di sebelah timur dan pulau Lombok di sebelah barat.

Daratannya terdiri dari bukit kecil, padang sabana, dan pantai berpasir putih. Vegetasi di daratan didominasi oleh padang rumput ilalang dan beberapa pohon besar di tepi pulau.

Menurut penduduk di sekitar pulau, nama Kenawa diambil dari nama pohon kenawa yang tumbuh di pulau itu. Di sepanjang garis pantai, bisa ditemukan berbagai jenis kerang, kepiting hingga bintang laut.

Uniknya, terdapat bukit kecil di sisi pulau yang menjulang tinggi. Bukit ini bagai menara untuk menikmati seluruh keindahan bentang alam pulau dari puncaknya.

Untuk sampai ke atas bukit, pengunjung harus melewati jalan setapak di tengah padang ilalang yang tampak seperti membelah pulau menjadi dua bagian.

Ketika berada di puncak bukit kamu bisa melihat keindahan Gunung Rinjani di pulau Lombok, serta pulau kecil lainnya di sekitar Kenawa.

2. Wisata Dalam Laut yang Menawan

Sebagai pulau kecil yang tidak berpenghuni, keadaan dalam laut di sekitar pulau Kenawa masih alami dengan air laut yang jernih.

Berbagai padang lamun, terumbu karang, dan ikan-ikan kecil dapat langsung terlihat dari permukaan laut.

Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau bila melewati jembatan panjang yang membujur dari garis pantai hingga laut lepas.

Jika beruntung kamu bisa melihat penyu yang sedang berkembang atau melakukan migrasi ke perairan Australia.

Lautan sekitar Sumbawa Barat menjadi tempat berkembang biak penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing.

Hewan laut ini berasal dari Sumatera atau Kalimantan dan melakukan perjalanan (migrasi) lintas negara sebelum akhirnya kembali menetaskan telur-telurnya di tempat awal mereka lahir.

3. Kemah Pribadi Serasa di Rumah Sendiri

Pada musim kemarau, padang sabana akan semakin menguning dan menciptakan pemandangan seperti permadani emas yang terbentang di seluruh pulau.

Pada musim ini, laut akan tenang dan langit menampakkan keindahan bintang-bintang. Sangat cocok digunakan sebagai waktu untuk menginap atau berkemah di pulau Kenawa.

Ditambah lagi, tidak ada penduduk dan sarana penerangan, hanya mengandalkan perapian.

Menciptakan suasana berkemah yang nyaman dan tenang. Kamu bisa membuat tenda sendiri atau menggunakan pondok-pondok kecil yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

4. Spot Foto yang Instagramable

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabdikan keindahan alam di pulau Kenawa.

Beberapa spot foto yang bisa digunakan sebagai latar foto ialah puncak bukit pulau Kenawa, hamparan padang sabana di tengah pulau dengan latar bukit kecil atau pulau di sekitar Kenawa, jembatan yang berujung di laut lepas, terumbu karang di dalam laut dan biota laut lainnya, sepanjang pasir pantai pulau yang putih dengan berbagai kerang dan bintang laut.

Bila ingin berkunjung ke pulau Kenawa, kamu bisa menyiapkan uang 100-200rb rupiah untuk menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa.

Perjalanan ditempuh selama 15-20 menit. Menikmati pulau Kenawa membuat kamu merasakan betapa luar biasanya keindahaan alam di Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *