Blog
Berburu Spot Kece di Kelingking Beach Nusa Penida Bali

Berburu Spot Kece di Kelingking Beach Nusa Penida Bali

Hola, travelers, berbicara tentang keindahan Nusa Penida Bali tidak pernah ada habisnya. Semua pantai di kecamatan kecil ini sangat menarik dan menjadi khas Indonesia, salah satunya Kelingking Beach.

Objek wisata satu ini terkenal sampai mancanegara. Setiap waktu, banyak turis yang berkunjung untuk menikmati keindahannya.

Menariknya, Kelingking Beach juga menjadi icon wisata Khas Indonesia juga, lho. Tahu kenapa?

Kelingking Beach Nusa Penida memang sangat eksotik dengan pemandangan alam yang khas. Pantainya berwarna biru menyatu dengan alam hijau dan asri. Bentuk pantainya unik, yakni berbentuk menyerupai jari kelingking ketika dilihat dari kejauhan. Itu juga yang melatarbelakangi nama Kelingking Beach yang menjadi ‘a secret point in Nusa Penida’.

Letak Kelingking Beach Nusa Penida

Kelingking beach

Meski sangat terkenal, namun banyak yang bertanya, Kelingking Beach terletak dimana?

Walaupun eksotisme pantai ini sudah tersebar sampai mancanegara. Sayangnya belum banyak yang tahu dimana lokasinya. Nggak heran karena namanya tidak mencerminkan wilayah, seperti kebanyakan objek wisata lain.

Letak pantai ini berada di balik bukit yang cukup terjal. Kelingking Beach Nusa Penida ada di dusun Karang Dewa, desa Bunga Mekar,  Kabupaten Klungkung Bali, yang merupakan “surga tersembunyi” namun mengundang penasaran wisatawan.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai dari dekat, pengunjung harus menuruni tebing dengan kemiringan 70-80 derajat. Kawasan ini termasuk ekstrim dan tidak ada pegangan atau pijakan permanen. Sebagai pengaman, wisatawan hanya dapat berpegangan pada kayu yang ada.

Sayangnya wisatawan tidak diperbolehkan menapakkan kaki di air laut atau berenang. Ombak pantai yang tiba-tiba datang bisa sangat besar sehingga berbahaya bagi keselamatan pengunjung.

Meski demikian, melihat keindahan pantai ini saja sudah merupakan pengalaman sangat menyenangkan.

Baca juga: Hidden Gem, 9 Pantai Menakjubkan di Nusa Penida Bali

Rute Menuju Kelingking Beach Bali

Rute kelingking beach
Sumber gambar: journalistontherun.com

Meski Kelingking Beach Nusa Penida Bali Indonesia terpisah dari Pulau Dewata, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang.

Saat ini di pulau terkecil tersebut belum ada bandara. Jadi pengunjung tidak dapat menggunakan pesawat udara komersial. Satu-satunya tempat landing di Ngurah Rai airport, Denpasar.

Setelah dari kota provinsi tersebut, wisatawan harus menyeberang menggunakan boat atau kapal feri. Namun jangan khawatir, jadwal penyeberangan cukup banyak sehingga pengunjung tidak perlu khawatir atau buru-buru. Jika tertinggal kapal sebelumnya, bisa naik jadwal selanjutnya.

Bagi wisatawan yang mempunyai budget besar, bisa menggunakan pesawat helikopter. Tetapi banyak pengunjung yang justru menyarankan untuk naik kapal karena keindahan sepanjang penyeberangan sayang jika terlewatkan. Hembusan angin laut dan deru ombaknya bakal menjadi pengalaman menyenangkan.

Pelabuhan Fast Boat dari Bali ke Nusa Penida

Dari Bali wisatawan dimanjakan dengan beberapa pilihan pelabuhan untuk menyeberang ke Nusa Penida.

Saat ini ada empat lokasi yang menggunakan kapal cepat atau fast boat. Dari pantai Sanur, Bali, penyeberangan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit saja.

Kelingking beach nusa penida
Sumber gambar: gotravelaindonesia.com

Agar tidak terburu-buru, sebaiknya datang lebih awal. Waktu longgar tersebut dapat dimanfaatkan untuk menikmati keindahan darmaga dan keramaiannya.

Pengunjung juga dapat menggunakan kesempatan untuk berfoto dari kapal dengan latar laut yang biru. Empat penyeberangan tersebut berasal dari:

  • Pelabuhan di pantai Sanur
  • Dermaga Serangan Denpasar
  • Pantai Kusamba Klungkung
  • Pelabuhan Padang Bai Karangasem

Meski banyak pilihan untuk perjalanan laut menuju pantai Kelingking namun sebagian besar memilih berangkat dari Sanur. Hal ini karena banyaknya kelebihan dari pantai lainnya. Jika berangkat dari Sanur, wisatawan dapat:

  • Memilih banyak opsi pemilik jasa fast boat ke Nusa Penida
  • Keberangkatan kapal ada setiap hari, jadi tidak khawatir gagal menyeberang
  • Harga tiket jauh lebih murah dari lokasi penyeberangan lainnya
  • Kawasan pantai Sanur berada di sebelah barat Pulau Bali yang banyak tersedia penginapan, jadi wisatawan tidak perlu bingung untuk bermalam

Pelabuhan Tujuan di Nusa Penida

Sebelum membeli tiket fast boat, pastikan tujuan ingin berlabuh di dermaga mana. Pasalnya di Nusa Penida terdapat dua Pelabuhan, yaitu Toya Pakeh dan Sampalan.

Pilihan terbaik, tergantung dari rencana liburan, akan menyisir wilayah mana dulu ketika menikmati keindahan Nusa Penida.

Tidak sedikit wisatawan yang hanya mempunyai waktu sebentar sehingga menjadwalkan berangkat dan pulang dari Pulau Kelingking dalam waktu sama.

Jangan khawatir, Anda bisa naik boat penyeberangan dari Sanur jam 7.30 WITA dan kembali dari Nusa Penida jam 16.30 WITA.

Dari Pelabuhan Toya Pakeh atau Sampalan, kamu dapat menikmati keindahan Pantai Kelingking dengan cara menyewa mobil atau motor.

Jika menggunakan motor, selain cepat juga lebih hemat. Sehari semalam sekitar Rp. 70.000. Sedangkan jika menyewa mobil plus driver sekitar Rp. 600.000.

Bagi rombongan akan lebih nyaman menggunakan mobil. Selain menghindari kemungkinan tersesat, juga lebih nyaman.

Meski sedikit lebih lama, kamu akan puas menikmati sepanjang perjalanan yang sangat indah. Hanya saja, kamu juga harus waspada dengan lokasinya yang kurang bagus sehingga mungkin perlu mencari alternatif.

Baca juga: Berburu Spot Kece di Kelingking Beach Nusa Penida Bali

Daya Tarik Kelingking Beach 

Kenapa di sebut Kelingking Beach? Nama ini tidak terlepas dari bentuk kawasan wisata yang unik, menyerupai jari kelingking karena tebing menjorok ke laut. Destinasi ini tidak pernah membuat pengunjung bosan. Banyak daya tarik yang membuat pengunjung ketagihan untuk kembali eksplor pantai indah ini. Di antaranya akan diulas di sini:

1. Bentuknya yang unik

Kelingking beach nusa penida Indonesia
Sumber gambar: Instagram @khasindonesia.official

Daya tarik pertama pantai ini adalah bentuknya yang menyerupai jari kelingking tersebut. Selain itu, gradasi warna laut begitu memukau sehingga mata betah menikmatinya.

Meski unik dan menarik, sebaiknya saat berkunjung perlu berhati-hati. Apalagi jika memutuskan untuk turun ke pantai pada sore menjelang malam. Selain penerangan dari kendaraan, tidak ada lampu yang terpasang. Sebaiknya membekali diri dengan senter.

Lokasi pantai juga tersembunyi, yaitu berada di bawah tebing. Sebelum berangkat, pastikan tubuh dalam keadaan fit. Walau perjalanan tidak terlalu jauh, namun medan yang curam akan menguras tenaga.

2. Mirip kepala T-rex

Bentuk pantai ini sangat unik dan menarik. Selain mirip kelingking, batu karang yang menjorok laut menyerupai kepala T-Rex, salah satu jenis dinosaurus. Ini juga yang menyebabkan banyak orang penasaran untuk melihat dan mengabadikan keindahannya.

3. Instagramable

Disebut sebagai pantai bak surga tersembunyi di Nusa Penida Bali sehingga banyak spot yang bisa kamu abadikan. Berdasarkan insight Hook, Pantai Kelingking berhasil mengalahkan beberapa pantai populer yang ada di dunia.

Pohon cinta kelingking beach
Sumber gambar: ayobali.net

Terbukti, ketika perusahaan asal inggris menganalisa dengan tagar #pantaikelingking di instagram, terdapat sekitar 338.000 foto dari para wisatawan, lho.

Sehingga tidak menutup kemungkinan jika pantai ini masuk pada kategori pantai instagrammable di dunia, bukan?

Apalagi menurut beberapa artikel yang saya baca, pada zaman dulu terdapat spot buatan berupa “Love Tree” atau pohon cinta.

Namun karena sudah rapuh dan banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk mengambil foto cantik, tahun 2018 lalu pohon tersebut tumbang.

Saat ini tinggal akarnya yang tersisa. Tapi uniknya, para pengunjung masih bisa memanfaatkan akar yang tersisa tersebut menjadi spot foto yang memiliki angle kece parah.

Tak hanya itu saja, di lokasi ini, pengunjung juga dapat memanfaatkan spot ala Titanic untuk mengabadikan kedatangan bersama pasangan.

Letaknya tidak terlalu jauh dari pintu masuk sehingga begitu datang, pengunjung bisa langsung mengabadikan dengan foto cantik.

Baca juga: Telaga Nilem, Wisata Air Sebening Kristal 

4. Diving Bersama Ikan Pari Manta

Kelingking beach nusa penida

Ini yang tidak selalu bisa ditemui oleh pengunjung di pantai lain. Terdapat beragam ikan Pari yang berenang dan terlihat sangat jelas dari atas bukit.  Pemandangan ini sangat menakjubkan ketika ombak di pantai sedang tenang, pengunjung seperti sedang menyaksikan akuarium berukuran besar.

5. Kelingking Cliff Point

Pantai Kelingking Bali
Sumber Gambar: Instagram @jalanjajansantuy

Kelingking Cliff point menjadi daya tarik utama yang bikin kamu ketagihan untuk kembali ke sini.

Tebing tinggi di atas pantai menjadi pusat mata untuk memandang panorama memukau yang tak ada habisnya.

Di tebing tersebut, kamu juga bisa melihat sebuah tebing yang menjorok ke lautan yang serupa dengan bentuk Dinosaurus, lho.

6. Berpasir Putih

Kelingking beach

Setelah puas menikmati pemandangan dari arah tebing, kamu bisa turun ke bawah. Bermain-main dengan pasir yang warnanya putih bersih, tentu sangat menyenangkan. Pasir ini juga nampak instagrammable buat spot foto yang kece.

Tips Liburan di Kelingking Beach

Salah satu hal yang kurang menyenangkan ketika berwisata di pantai adalah kulit bisa menjadi gosong karena panasnya sinar matahari. Namun nyatanya hal ini tidak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahannya.

Begitu juga dengan keamanan. Jalan menuju destinasi yang tajam dan curam bisa berbahaya bagi keselamatan, terutama untuk yang kurang berhati-hati. Ombak laut bisa tiba-tiba datang dengan ukuran besar . Namun jika berhati-hati, berwisata di pantai cukup aman.

Pengelola juga sudah meletakkan berbagai tanda pengaman. Selain itu tim keamanan kawasan pantai juga selalu berjaga. Agar tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan aman, bisa melakukan beberapa tips traveling Nusa penida berikut:

1. Perlengkapan Menuju Pantai Kelingking

Beberapa perlengkapan harus dibawa oleh wisatawan agar dapat menikmati keindahan Pantai Kelingking. Menuruni anak tangga yang berjumlah hampir 300 buah tentu sangat melelahkan. Apalagi bagi yang kurang terbiasa berjalan di medan curam. Belum lagi sengatan matahari yang terik. Selain membakar kulit juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Agar tetap nyaman dan dapat maksimal mengeksplor destinasi wisata satu ini, sebelum melakukan kunjungan perlu persiapan yang matang. Jangan mengabaikan medan yang akan dilewati dan lokasi pantai. Meski tidak terlalu jauh dari pemukiman warga, namun sebaiknya membawa beberapa barang yang dibutuhkan.

a. Sunblock

Sunblock atau sunscreen merupakan perlindungan yang sangat penting bagi wajah dan seluruh kulit. Penggunaan skincare dapat melindungi kulit dari sinar matahari, debu dan uap air laut yang mengandung garam. Pilih sunblock dengan angka SPF tinggi dan aplikasikan lagi setiap beberapa jam sekali.

b. Air minum dan makanan

Perbekalan pribadi ini sangat penting. Beratnya medan dan sinar matahari bisa mengurus kadar air dalam tubuh. Sebelum mengalami dehidrasi, sebaiknya segera minum air yang cukup. Untuk mengembalikan energi yang terkuras, dapat mengganjal perut dengan makanan yang dapat mensuplai energi.

Ada yang bingung, restoran apa saja yang ada di dekat Pantai Kelingking? Untuk soal makanan tidak perlu khawatir. Banyak restoran yang menyediakan berbagai macam menu pilihan, namun lokasinya tidak berada di bibir pantai. Jadi jika akan menikmatinya harus keluar dari kawasan tersebut lebih dulu.

c.Topi

Sunscreen saja belum cukup untuk melindungi kulit. Kamu perlu mengenakan topi pantai yang lebar. Selain sinar matahari, topi ini dapat menjaga dari debu, uap air dan angin yang berhembus kencang. Semua dapat menyebabkan kulit kering, bahkan terasa perih.

d.Kacamata

Kacamata sangat penting agar mata tidak silau oleh sinar matahari yang terpantul pada permukaan laut. Gunakan kacamata hitam agar tetap nyaman selama dalam perjalanan dan menikmati keindahan pantai.

e.Masker

Item ini tidak boleh tertinggal. Selain medan curam, jalan menuju lokasi pantai cukup berdebu yang dapat mengganggu pernapasan. Gunakan masker untuk melindungi hidung dan paru-paru agar tetap sehat tanpa gangguan.

6. Kamera

Setiap pengunjung pasti tidak mau melewatkan spot keren begitu saja. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera dan pastikan baterai terisi ful. Jika perlu dapat menambahkan dengan baterai dan memori cadangan sehingga puas mengabadikan pemandangan yang cantik dan menarik di kawasan ini.

2. Waktu Terbaik Berkunjung ke Pantai Kelingking Bali

Sebenarnya setiap saat lokasi ini tetap cantik. Namun agar bisa maksimal menikmati keindahanya sebaiknya datang pada pagi hari. Sekitar jam 7 merupakan waktu terbaik untuk menikmati destinasi ini. Sinar matahari masih terlihat indah dan belum terlalu panas. Wisatawan yang berkunjung pun belum terlalu ramai.

Dengan berkunjung lebih pagi, dapat menikmati keindahan pantai tanpa banyak gangguan. Sebaliknya, semakin siang atau pada waktu libur, lokasi ini padat oleh pengunjung. Kamu akan merasa kurang nyaman karena terganggu oleh wisatawan lain.

3. Pakaian

Selama menikmati keindahan Pantai Kelingking gunakan pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan bahan jeans karena akan mengganggu gerak. Sebaiknya memilih kaos yang dapat menyerap keringat secara sempurna. sedangkan untuk alas kaki, pilih yang tipis, tidak licin dan tanpa hak.

Kelingking Beach Nusa Penida merupakan objek wisata yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi menurut CNN travel, pantai ini menempati urutan 9 tercantik. Sedang menurut Tripadvisor terbaik nomor 2 di Asia dan 19 di dunia.

Nah, kapan kamu mau ke sini? Berbagi pengalaman, yuk, di kolom komentar. Jangan lupa follow akun Instagram @khasindonesia.official ya untuk update seputar traveling hits.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.