6 Kuliner Solo yang Sayang Jika Dilewatkan, Enak Murah dan Bikin Nagih

Jika ada yang mengatakan Solo merupakan gudangnya kuliner murah dan lezat, pasti tidak ada yang menolaknya.

Kuliner Solo selalu menggugah selera dan harganya terjangkau. Bukan itu saja, tempatnya pun nyaman untuk ngobrol bersama teman menghilangkan lelah setelah seharian bekerja. Apalagi banyak yang buka sampai pagi. Pengunjung bisa santai sambil makan

Untuk menemukan lokasi yang menjajakan menu khas, murah dan lezat sangat mudah. Setelah seharian berwisata memanjakan mata, kini saatnya memanjakan perut dengan berbagai hidangan yang hanya ada di Solo saja.

Kuliner Solo yang Wajib Dicoba Wisatawan

Pulang dari Solo tanpa merasakan menu yang istimewa, rasanya belum lengkap. Apalagi banyak sajian legendaris yang sudah lama terkenal.

Tidak salah jika banyak turis yang datang kembali ke “The Spirit of Java” ini hanya untuk makan bersama teman-teman sambil ngobrol santai. Menu apa saja yang harus kamu coba? Simak ulasan berikut ini.

Gudeg margoyudan

Jika biasanya, menjelang dini hari pedagang menutup warung dan berkemas untuk pulang, berbeda dengan bu Kusno. Pemilik menu gudeg ceker ini justru baru buka pada jam 01.30 sampai 05.30 WIB.

Meski demikian, pengunjung yang menanti menu dengan rasa manis ini tidak pernah sepi. Bahkan rela antri lama untuk bisa menikmati hidangan lezat dan murah ini.

Porsinya yang tidak terlalu banyak cocok untuk mengisi perut pada dini hari. pengunjung bisa menikmati hidangan dengan duduk ada kursi-kursi yang sudah tersedia.

Namun agar lebih asyik, banyak yang memilih makan sambil duduk lesehan di atas tikar. Lokasinya berada di jln Wolter Monginsidi.

Kafe Tiga Tjerek

Kafe satu ini juga mulai buka pada malam hari, tepatnya mulai jam 22.00 sampai 1.00 WIB dini hari.

Konsep dari kafe ini berupa angkringan namun modern sehingga menikmati hidangannya terasa sangat asyik. Menu yang tersedia juga sederhana. Wedang tape ketan, wedang jahe, wedang jeruk, nasi teri, nasi oseng dan aneka gorengan.

Soal harga pun sangat terjangkau, tidak membuat kantong kosong. Harganya cukup murah. hampir semuanya di bawah Rp. 10 ribu.

Untuk bisa menikmati makanan dengan suasana malam yang mengasyikkan, kamu bisa datang ke kafe Tiga Tjerek yang lokasinya di Jln. Ronggowarsito 97.

Tengkleng Bu Edi

Pertama melihat menu ini, mungkin banyak yang kaget karena bahannya berupa kaki dan tulang kambing yang hanya mempunyai sedikit daging.

Namun tengkleng sangat identik dengan kota Solo. Ada du acara mengolahnya, yaitu dengan santan dan tanpa santan. Keduanya sama enak dan lezat. Rasa segar dan manis bercampur jadi satu.

Bu Edi menjajakan dagangannya di dekan pasar Klewer. Kuliner Solo satu ini sudah mempunyai banyak penggemar.

Terbukti banyak yang antri untuk menikmatinya. Meski tanpa menyediakan meja kursi untuk makan, pelanggan akan datang menyerbu begitu warung mulai menggelar dagangannya jam 1 siang. Tidak heran, jika dalam 3 jam semua langsung ludes.

Es Krim Tentrem

Bukan hanya makanan berat, kuliner Solo yang ringan sebagai pencuci mulut juga ada yang legendaris, salah satunya es krim Tentrem.

Kudapan yang dibuat secara homemade ini sudah mempunyai banyak pelanggan sejak buka tahun 1952. Waktu bukanya cukup lama, mulai jam 10.00 pagi sampai 9 WIB malam.

Untuk topping yang tersedia juga bermacam-macam. Pelanggan bisa menikmati es krim dengan menu tutti fruity, rum’n coffe rainbow dan robin rose. Soal harga, lagi-lagi jangan heran. Kamu bisa menikmati esk krim legendaris ini dengan ramah di kantong.

Pasar Malam Ngarsopuro

Berikutnya, kembali kuliner malam yang bisa dinikmati wisatawan. Pasar malam Ngarsopuran hanya buka setiap malam minggu saja berlokasi di Jln Diponegoro.

Aneka jajanan khas Solo tersedia dengan banyak pilihan. Mulai dari sate kere, wedang ronde, cabuk rambak, nasi liwet, sosis solo dan bakso bakar.

Sembari menikmati hidangan yang dipesan, pengunjung dapat menyaksikan aneka pertunjukan oleh komunitas tari,capoeira, fotografi dan lainnya secara gratis.

Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka cinderamata yang dibuat secara handmade.

Sate buntel

Satu lagi kuliner Solo yang bisa kamu nikmati, sate buntel. Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari daging kambing yang dicincang, kemudian dibungkus dengan menggunakan lemak dan dibakar, seperti mengolah sate biasa.

Salah satu yang terkenal menyediakan sate buntel enak adalah warung bu Hj. Bejo. Lokasinya di Jl. Sungai sebakung no 10, Lojiwetan.

Kamu bisa menikmati satu porsi sate dengan harga sekitar Rp. 37 ribu. Warung bu Hj. Bejo buka mulai jam 10 pagi sampai 11 malam.

Kuliner Solo selalu mengundang pengunjung untuk datang lagi karena rasanya yang enak dan harganya murah. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke, tidak lengkap tanpa menikmati kuliner Solo yang lezat dan menggugah selera ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *