Nagih Banget! 20 Makanan Khas Cirebon Menggigit Lidah 
Nagih Banget! 20 Makanan Khas Cirebon Menggigit Lidah 

Nagih Banget! 20 Makanan Khas Cirebon Menggigit Lidah 

Hola, Travelers, aku sebagai pecinta kuliner?

Kamu wajib mencicipi makanan Khas Cirebon. Wilayah yang terkenal dengan nama kota wali ini bukan hanya mempunyai objek wisata yang cantik namun gudangnya panganan lezat.

Soal harga, tidak perlu khawatir. Semua bisa dinikmati tanpa membuat kantong kosong.

Kawasan di dekat Gunung Ciremai ini mempunyai penduduk yang berasal dari suku Sunda, Jawa, Tionghoa sampai Arab. Akulturasi budaya ini menjadikannya sebagai wilayah yang unik dan berpengaruh pada cita rasa masakannya.

Kamu bisa menikmati wisata kuliner Cirebon dengan taste pedas, asin dan manis.

Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba

Jika ada pertanyaan, dari Cirebon terkenal apa saja? Pasti salah satunya adalah tempat makanan yang enak dan murah.

Agar tidak membuat semakin penasaran, berikut deretan kuliner khas yang harus kamu coba.

Empal Gentong

Makanan khas Cirebon

Salah satu Makanan Khas Cirebon adalah yang sudah terkenal sejak lama adalah Empal Gentong.

Bahan utamanya adalah daging sapi yang diolah sampai empuk. Ciri khas dari masakan ini, pengolahan tidak menggunakan panci, melainkan gentong, yaitu periuk dari tanah liat. Ini yang menjadikannya mempunyai rasa berbeda.

Pertama kali saya makanan khas Cirebon ini di Kedai H. Apud. bersama Mbak Nunik yang waktu itu datang ke Cirebon. Dan konon, kedai ini sudah melegenda di daerah Cirebon.

Baca juga: Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi, Kamu Wajib Cicipi! 

Tape Ketan

Hampir sama dengan yang ditemui di kabupaten sebelahnya, Kuningan, Tape Ketan khas Cirebon dibungkus dengan daun jambu. Cara pembuatannya menggunakan jamur atau ragi.

Makanan khas Cirebon

Bahannya yang berupa beras ketan akan menjadi lembut dan mengalami fermentasi sehingga mengeluarkan air dengan rasa asam, manis segar.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang bisa menjadi jawaban pertanyaan makanan khas Cirebon apa aja. Ya. Kamu wajib mencobanya. Nama dari sajian ini sama dengan desa asalnya.

Wisata kuliner cirebon

Menurut cerita, kuliner ini sudah ada sejak jaman Romusha, dimana para pekerja paksa sering makan seadanya yang berupa nasi putih dengan lauk sederhana. Sekarang, penganan khas ini disajikan dengan lauk yang lebih bervariasi.

Gadungan

Berbahan singkong, banyak pedagang yang menjajakan Gadungan di pasar tradisional. Rasa gurihnya sering membuat wisatawan ketagihan.

Makanan khas Cirebon

Cara membuatnya pun mudah. Rebus atau kukus singkong sampai matang, kemudian potong kecil dan campur dengan parutan kelapa muda.

Tahu Gejrot

Suka cemilan pedas? Kamu wajib mencoba Tahu Gejrot.

Wisata kuliner khas cirebon

Sekilas kudapan ini terlihat sederhana, namun rasanya nagih banget. Tahu goreng crispy dicampur dengan kuah sambal terbuat dari cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah yang dihaluskan.

Sate Kentang

Jika biasanya mengolah sate dengan membakarnya, berbeda dengan yang satu ini. Cara membuatnya dengan memotong kentang secara melingkar kemudian membubuhi tepung agar lebih crispy.

images 1 3

Selanjutnya menggoreng sampai matang. Menikmatinya dengan kuah kacang atau saus gula merah membuatnya yummy.

Baca juga: Tandang Lokan Kuliner Khas Minang Ranca Bana

Nasi Lengko

Apakah kuliner populer cirebon? Salah satu jawabnya adalah Nasi Lengko.

Makanan khas Cirebon

Nama ini berasal dari kata lengko atau langka yang berarti jarang. Seporsi terdiri dari nasi putih, tempe dan tahu goreng iris kecil, bawang goreng, kecap asin dan manis yang dituang di atasnya. Kerupuk dan saus kacang menambah lengkap kuliner lezat ini.

Krupuk Melarat

Namanya cukup unik ya. Jika biasanya menggoreng krupuk dengan minyak, berbeda yang satu ini.

kerupuk melarat

Krupuk Melarat digoreng dengan menggunakan pasir. Tersedia banyak warna yang menarik. Agar lebih enak, bisa menikmatinya dengan sambal petis atau saus kacang pedas.

Growolan

Kudapan khas ini terbuat dari singkong yang dijemur sampai kering. Selanjutnya dipotong dan dikukus sampai matang. Sambil menunggu dingin, Growolan terus diaduk agar tidak menggumpal.

images 29

Menikmatinya bersama parutan kelapa muda bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan. Apalagi penjual menyajikannya dalam mangkok tradisional yang terbuat dari daun pisang.

Es Cuwing

Minuman ini tidak pernah absen, selalu tersedia di tempat kuliner Cirebon. Es Cuwing terbuat dari cincau hijau dengan kuah santan kental dan pemanis gula merah. Ada juga pedagang yang menambahkan sirup.

images 30

Sebagai pelengkap, satu mangkuk minuman segar ini juga berisi cendol sagu, ketan manis dan serutan kelapa muda.

Kue Tapel

Panganan yang cocok untuk teman minum teh atau kopi ini berbentuk seperti crepe, bulat lebar dan tipis, bagian pinggirnya terasa sangat krispi.

images 31

Soal rasa, hampir mirip dengan cemilan dari Bojonegoro, Jawa Timur, Ledre. Bahan pembuatnya adalah pisang, terigu, tepung ketan, gula merah dan kelapa parut.

Mie Colot

Sajian berikutnya berupa mie yang berwarna sedikit hijau karena dimasak bersama dengan sawi. Berbeda dengan lainnya, mie untuk makanan khas Cirebon satu ini mempunyai bentuk pipih halus.

Setelah merebusnya, agar tidak lengket, pedagang menambahkan minyak ayam dan kecap manis. Sedangkan sebagai pelengkap, kamu bisa menikmati bersama bakso dan kuahnya, pangsit dan siomay.

Sate Kalong

Menjawab pertanyaan, apa saja makanan khas yang ada di Cirebon. Sate kalong adalah salah satunya.

sate kalong cirebon

Kalong merupakan nama lain dari kelelawar, binatang yang hanya keluar pada malam hari.

Namun jangan khawatir, Sate Kalong terbuat dari daging kerbau, bukan kalong. Penamaan makanan ini berdasar kebiasaan pedagang yang hanya menjajakan dagangan pada malam hari saja.

Docang

Sedang berkunjung ke Cirebon? Kamu wajib mencicipi makanan Khas Cirebon Docang. Kuliner satu ini cocok untuk menu sarapan maupun makan malam.

images 1 1

Satu porsi terdiri dari lontong dengan pelengkap sayur daun singkong, parutan kelapa dan sambal docang. Kadang ada yang menambahkan tempe oncom.

Pedesan Entog

images 1 2

Seperti namanya, kuliner satu ini terbuat dari entog, unggas sejenis bebek dengan bulu putih dan bentuk badan yang lebih montok. Meski biasanya pedagang menyediakan dengan rasa pedas, kamu bisa memesan sesuai selera. Jika salah dalam proses memasak, daging unggas akan beraroma amis dan alot.

Rujak Kangkung

images 1 4

Pecinta sayuran dapat menikmati makanan khas Cirebon berikut ini. Sekilas, Rujak Kangkung hampir sama dengan plecing. Yang menjadi pembeda adalah sambalnya berwarna merah dengan rasa terasi khas Cirebon.

Mie Koclok

images 1 5

Ciri khas Mie Koclok adalah kuahnya kental yang terbuat dari kaldu ayam dan santan dengan tambahan tepung tapioka. Sebagai pelengkap, bisa menikmatinya dengan ayam suwir, kol, tauge, telur rebus, seledri, daun bawang dan perasan jeruk purut. Selain mie kuning, ada yang membuatnya dengan bahan bihun.

Gepu

images 1 6

Cemilan ini terbuat dari singkong parut dengan isi berupa oncom. Setelah membentuknya menjadi bulatan kemudian menggorengnya sampai kekuningan. Menikmati beberapa buah Gepu hangat bersama secangkir teh sangat nikmat.

Empal Asam

IMG20220524131438 01 scaled

Bagi kamu pecinta kuliner bercita rasa asam, bisa mencoba sajian khas ini. Rasa asam berasal dari belimbing wuluh sebagai bumbu. Isinya berupa daging dan jeroan seperti babat, paru, usus yang berasa gurih. Rasa kuahnya segar menjadikan banyak yang ketagihan setelah mencobanya.

Bubur Sop Ayam

images 1 7

Biasanya, sop ayam menemani kita bersantap nasi putih, namun kuliner Cirebon ini berbeda. Kemudian sop ayam yang gurih disiramkan pada semangkuk bubur. Seperti biasa tambahannya adalah ayam suwir dan krupuk.

Menikmati makanan khas Cirebon rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Aneka olahan lezat siap memanjakan lidah wisatawan yang sedang berkunjung. Apalagi harganya pun cukup murah dan ramah bagi kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.