google.com, pub-5399346932454344, DIRECT, f08c47fec0942fa0
5 Rekomendasi Nasi Jamblang Cirebon Terkenal dan Terlaris
5 Rekomendasi Nasi Jamblang Cirebon Terkenal dan Terlaris

5 Rekomendasi Nasi Jamblang Cirebon Terkenal dan Terlaris

Hola, traveler … Liburan terasa sempurna jika traveling bisa sambil mencicipi makanan khas daerah, bukan?

Masih tentang kota Cirebon, ya, di mana minggu lalu, saya sudah mengulas makanan khas Cirebon empal gentong yang rasanya bikin nagih.

Nah, kali ini bakal ada nasi Jamblang Cirebon yang merupakan salah satu wisata kuliner Cirebon yang tak kalah legendaris.

Pasti ada yang penasaran, kan, kenapa kuliner ini dinamakan nasi Jamblang? Sejarahnya bagaimana? Dan kira-kira, sajian nasi Jamblang terlezat di Cirebon berlokasi di mana?

Simak ulasan lengkapnya di blog mywordsjourney.com ya!

Sejarah Nama Nasi Jamblang Cirebon

Kenapa disebut nasi jamblang?

Mengutip wikipedia.com, nama nasi jamblang diambil dari nama daerah, tepatnya daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon, yakni desa Jamblang, Jamblang, Cirebon.

Sedangkan sejarah nasi Jamblang dulu, nasi Jamblang atau Sego Jamblang ini merupakan makanan khas Cirebon yang disajikan untuk para pekerja paksa di zaman Belanda.

Orang-orang tersebut merupakan para pekerja yang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

Ciri khas dari nasi Jamblang Cirebon ini dibungkus daun jati. Kenapa daun jati? Nggak daun lainnya?

Nasi Jamblang Cirebon

Sebab, nasi Jamblang dulu adalah bekal para pekerja. Akan tetapi lazimnya, nasi bungkus hanya akan bertahan selama 10 jam. Jika lebih dari itu, maka nasi pun akan basi.

Untuk menyiasati nasi basi tersebut, para pekerja menggunakan pembungkus daun jati yang bisa tahan lama dan tetap terasa pulen.

Alasannya dikarenakan daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

5 Rekomendasi Nasi Jamblang Cirebon Terenak dan Laris Manis

Berburu nasi Jamblang Cirebon yang terkenal sudah menjadi kebiasaan warga Cirebon sendiri.

Tidak sedikit dari warga Cirebon rela menyusuri sepanjang jalan demi mendapatkan sajian nasi Jamblang enak dan memiliki ciri khas tersendiri.

Nah, berikut 10 rekomendasi nasi Jamblang di Cirebon yang wajib dicicipi saat kamu traveling atau bersantap wisata kuliner tradisional bersama keluarga.

1. Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi jamblang cirebon yang terkenal, salah satunya adalah milik Mang Dul. Bertempat di kawasan sekitar Kota Cirebon, yakni tepatnya berada di Jalan Cipto Mangunkusumo dekat Lampu Merah Gunung Sari.

Nasi Jamblang mang dul

Kuliner khas Cirebon satu ini bisa dibilang paling lama dan merupakan nasi Jamblang Cirebon yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada pagi hari.

Beragam sajian menu dan lauk pauk yang beda dari nasi Jamblang Cirebon lainnya, membuat penikmatnya betah dan jadi rela antre berjam-jam.

Enaknya lagi, di sekitar nasi Jamblang Mang Dul ini juga ada penjual es durian yang cocok sebagai pelepas dahaga. Jadi paket komplit banget, kan?

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang ibu nur

Bisa dibilang Nasi Jamblang Ibu Nur ini merupakan restoran nasi jamblang cirebon 24 jam. Buka sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

Saking terkenal dan rasanya yang khas, maka kamu nggak boleh heran ketika melihat restoran nasi Jamblang ibu Nur ini ramai pengunjung.

Bahkan, tidak sedikit kendaraan macet ketika ingin memasuki kawasan gang arah Nasi Jamblang Bu Nur itu sendiri.

Sego Jamblang Cirebon yang terkenal berada di Jalan Cangkring Kota Cirebon. Dekat dengan pasar sehingga ketika nasi Jamblang ini kehabisan stok, maka pemiliknya mendadak belanja dan mendadak ke pasar.

Apa yang membuat kuliner khas Cirebon nasi Jamblang satu ini diburu penikmatnya?

Tak lain karena menunya bervariasi, juga disajikan dalam kondisi fresh dan hangat sehingga selera menyantap kuliner khas Cirebon satu ini bikin nagih.

Baca juga: 20 Kuliner Khas Cirebon Menggigit Lidah

3. Nasi Jamblang Pelabuhan

Ingin merasakan kuliner khas Cirebon dengan sensasi beda?

Nasi Jamblang pelabuhan

Kamu wajib cobain nasi Jamblang Pelabuhan tempatnya di pesisir Cirebon. Bisa kamu bayangkan betapa nikmat menyantap sajian nasi Jamblang enak di Cirebon ditemani semilir angin laut sepoi-sepoi.

Tak hanya itu saja, yang membuat berbeda dari nasi jamblang pelabuhan ini adalah adanya alunan musik pengamen yang membuat suasana menyantap hidangan makin syahdu dan terasa romantis.

Untuk menu lauknya pun beragam. Kamu bisa memilih lauk ikan pari, tahu, telur dadar, paru goreng, tempe, sate telur puyuh, daging hingga sambal merahnya yang khas.

Kenapa sambalnya khas?

Karena sambal merahnya disisir sehingga membuat cita rasanya enak, tapi tidak terlalu pedas.

Oh, ya, untuk lokasinya, nasi Jamblang pelabuhan yang terkenal ini terletak di Jl. Bima No. 2, Cirebon. Jangan lupa mampir, ya!

4. Nasi Jamblang Bu Fitri

Nasi Jamblang Bu Fitri

Rekomendasi nasi Jamblang yang terkenal selanjutnya, adalah Nasi Jamblang Bu Fitri yang cukup legendaris.

Terletak di seberang Grage Mall
Pekiringan, Cirebon. Buka sejak pukul 8 malam sampai jam 3 pagi dengan sajian menu nasi jamblang yang komplit.

Kamu bisa merasakan sajian prasmanan dari kuliner khas Cirebon satu ini. Tentunya dengan menu lauk pauk yang menggugah selera, tapi murah banget. Seperti sate usus, telur ceplok, paru, sambal hingga ati ampela.Pastinya, daun jati masih menjadi ciri khas, ya.

Baca juga: Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi. Kamu Wajib Cicipi! 

5. Nasi Jamblang Tulen

Nasi Jamblang Tulen

Rekomendasi nasi Jamblang saat kamu berburu kuliner khas Cirebon, adalah nasi Jamblang Tulen.

Katanya, nasi Jamblang yang terkenal ini dimiliki oleh generasi kelima dari pembuat nasi jamblang pertama,  yaitu Ny Tan Piaw Lun yang akrab disapa dengan Mbah Pulung.

Yang menjadikannya khas dan tetap diburu penikmatnya adalah cara memasaknya masih menggunakan teknik tradisional.

Selain itu, menu yang disajikan juga bervariasi seperti cumi hitam hingga perkedel.

Khas daun jati juga melekat di aroma nasi yang bikin sajian nasi Jamblang satu ini laris manis.

Oh ya, untuk lokasinya, kamu bisa menikmati kuliner khas Cirebon satu ini di depan Pasar Jamblang, tepatnya di Jl. Raya Jamblang No. 100, Kasugengan, Cirebon.

Kesimpulan

Bila hendak ke Cirebon, jangan sampai tak sempat menyantap Nasi Jamblang yang menjadi Makanan khas Cirebon.

Selain sajian menunya yang komplit dan beragam, ciri khas sajian nasi khas Cirebon tersebut adalah dibungkus daun jati.

Nah, saya sudah memberi rekomendasi nasi Jamblang terkenal dan legendaris di atas. Lantas, mana menu nasi Jamblang yang bakal kamu cicipi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.