Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi, Kamu Wajib Cicipi!
Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi, Kamu Wajib Cicipi!

Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi, Kamu Wajib Cicipi!

Hola, Travelers … Berwisata ke kabupaten yang ada di ujung timur pulau Jawa ini tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khas, nasi tempong Banyuwangi. Meski seperti nasi pada umumnya, namun kuliner satu ini mempunyai ciri yang membuatnya beda.

Kelezatan hidangan yang juga terkenal dengan nama sego tempong ini turut mengundang wisatawan untuk datang mencicipinya. Apalagi harganya cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari warung-warung kecil sepanjang pinggir jalan di Kabupaten Banyuwangi sampai rumah makan dan restoran mewah.

Sejarah Nasi Tempong Banyuwangi

 

Nasi tempong banyuwangi

Bukan hanya kelezatannya, sejarah nasi tempong juga turut membuat penasaran wisatawan. Menu ini sebenarnya cukup sederhana. Dalam satu porsi terdiri dari nasi putih, sayuran rebus, lauk dan yang menjadi ciri khasnya adalah sambal mentahnya dengan rasa super pedas.

Nama tempong sendiri tidak jauh dari sambal mentah nikmat ini. Karena terlalu pedas, setelah menikmatinya mulut terasa seperti habis mendapat tempong atau pukulan keras. Sensasi pedas inilah yang justru membuat pecinta kuliner ketagihan. 

Menurut sejarah, nasi tempong khas Banyuwangi awalnya merupakan santapan para pekerja di sawah. Namun karena rasanya yang nikmat sekarang semua kalangan menyukainya. Tidak heran jika warung makan yang menyediakannya selalu laris manis. 

Sebagai makanan tradisional yang biasa menjadi santapan masyarakat di pedesaan, lauk yang disajikan juga seadanya. Untuk sayuran biasa terdiri dari kol, bayam, daun singkong, kangkung, kacang panjang dan genjer. Sedangkan agar cita rasanya semakin lezat, pedagang sering menambahkan kemangi mentah.

Lauknya sangat bervariasi. Mulai dari tahu tempe goreng, ikan laut, ayam, jeroan, pepes, bothok dan sea food. Sambal mentahnya yang menjadi ciri khas sebenarnya juga dibuat dengan cara sederhana. Namun karena perpaduan bahan yang pas membuatnya terasa berbeda. 

Baca juga : Nasi Tempong Bek Yuk, Makanan Khas Banyuwangi Tertua dan Legendaris 

Beli Di Mana Nasi Tempong Khas Banyuwangi 

 

Untuk mendapatkan satu porsi nasi tempong banyuwangi yang enak cukup banyak tempat yang bisa menjadi pilihan. Apalagi kuliner ini tersebar hampir semua wilayah kabupaten yang berdekatan dengan pulau Bali. Jika berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke warung makan yang terkenal berikut:

Nasi Tempong Mbok Nah

Warung makan sederhana ini menyediakan nasi tempong yang sangat khas. Buka sejak pagi hari, menjadikannya cocok untuk sarapan, makan siang maupun malam. Nama Mbok Nah menjadi ikon bagi cita rasa nikmat nasi tempong.

Mbok Nah menyediakan berbagai lauk untuk teman menikmati nasi tempong. Jika pada menu klasik nasi putih pulen ini sering dihidangkan bersama lauk ikan air tawar seperti mujair atau nila, mbok Nah menyediakan banyak menu super lezat. Lele, ayam goreng dan ayam pedas khas Banyuwangi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Warung yang sudah lama menyediakan makanan khas ini terletak di Jln Kolonek Sugiono no 16. Datang sekali, pasti ingin kembali untuk menikmatinya lagi. Jadi bagi kamu yang ke Banyuwangi, belum lengkap sebelum datang ke warung Mbok Nah.

Baca juga: Sejarah Tengkleng Kambing Solo, Kuliner Melegenda

Nasi Tempong Mbok Wah

 

nasi tempong banyuwangi

Tempat menikmati nasi tempong Banyuwangi terkenal berikutnya adalah warung Mbok Wah. Letaknya di jln. Gembrung 220 Bakungan, Glagah, Banyuwangi. Kamu dapat menikmati hidangan komplit dengan harga hemat yang siap memanjakan lidah.

Dalam satu porsi terdiri dari nasi putih, sayur, satu dan tempe goreng, sambal super pedas dan ikan asin. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menyantapnya dengan ayam, jeroan, daging dan jenis ikan lainnya. 

 

Saat saya traveling ke Banyuwangi tahun 2021 lalu, kami serombongan mampir ke sini. Alasannya, Sego tempong Mbok Wah lokasinya cukup dekat dengan penginapan backpacker. Selain itu, kata teman blogger asal Banyuwangi, Mas Alan, nasi tempong Mbok Wah legendaris sekali. Jadi saya dan teman-teman blogger lainnya tertarik ke sini.

Sambutan yang cukup ramah ketika kami tiba di warung mbok wah. Tempatnya bersih, luas, sekaligus menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Lauk pauknya pun beragam. Selain nasi tempong khas Banyuwangi, kami juga memesan Ikan goreng, ikan asin goreng, teri goreng, pindang ikan, pepes ikan, udang goreng tepung, urap sayuran, sate telur puyuh. Yang bikin nampol banget tuh sambal tempongnya yang pedas gila. Hahaha

Nasi tempong banyuwangi

Bagi saya penyuka makanan pedas. Tentu Sego tempong Mbok Wah menggigit banget di lidah.

Untuk harga nasi tempong yang berisi nasi putih dengan porsi sedang plus sayuran rebus dibanderol sekitar Rp7000, sementara lauknya harga beda.

Sego tempong banyuwangi

Oh ya, kami juga sempat meminta izin untuk masuk ke dapur di warung mbok wah, di mana tujuannya adalah mencari konten kuliner untuk liputan. Nggak nyangka banget, loh, mereka masih memasak menggunakan cara tradisional. Bayangkan? Kamu wajib ke sini!

Nasi tempong banyuwangi

Baca juga : Rahasia Membuat Resep Mie Aceh Seenak Restoran

Nasi Tempong Mbok Hayati 

Warung makan ini juga terkenal dengan nama Mbok Har, terletak di Jln. Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Lokasinya yang berada di pinggir jalan dan sangat nyaman membuat warung ini selalu ramai pembeli. Tempat parkirnya pun sangat luas. Apalagi selain nasi tempong, juga tersedia menu khas lainnya. 

Kamu bisa menikmati bothok, rawon dan ayam pedas dengan cita rasa unik. Soal harga, jangan khawatir. Semua menu yang tersedia harganya tidak bakal membuat kantong kosong.

Resep Nasi Tempong Banyuwangi

Meski kamu bisa menikmati nasi tempong dengan harga yang murah di wilayah Banyuwangi, namun tidak ada salahnya mencoba memasaknya sendiri. Apalagi caranya pun sangat mudah. 

Ciri khas sajian Banyuwangi ini terletak pada sambalnya yang pedas nampol. Sedangkan menu tambahan lainnya dimasak dengan cara sama. Nasi putih, tahu, tempe ayam dapat diolah seperti biasanya. Begitu juga sayuran. Pilih sesuai selera dan rebus sampai matang. 

Untuk membuat sambal, bahannya adalah cabe, tomat ranti, terasi, garam dan gula pasir serta jeruk limau. Campur semua bahan kecuali jeruk limau kemudian giling sampai halus. Setelah itu, tambahkan perasan jeruk limau. Tata nasi bersama semua lauk, kemudian tambahkan sambal dan siap untuk disantap. 

Nasi tempong Banyuwangi merupakan hidangan lezat dan cukup murah. Selain itu juga sehat karena biasa disajikan dengan sayuran dan lauk yang banyak mengandung vitamin, protein dan zat gizi lainnya. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Banyuwangi tanpa menikmati kuliner satu ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.