Resep Daging Sapi Kuah Pedas Penghilang Stres. Mau Coba?

Resep daging sapi kuah pedas – Hola, Travelers …

Kamu lagi badmood? Atau sedang stres karena tekanan deadline pekerjaan dan beban hidup? Nggak apa-apa bersedih saja. Artinya, kamu dikode oleh alam semesta untuk mengambil jeda dulu ya.

Kamu harus tahu, ada kalanya roda kehidupan akan berputar. Tidak semuanya selalu berada di atas, tetapi terkadang juga berada di bawah. Dan biasanya saat posisi di bawah ini, kamu akan merasa sedih. Wajar banget kok. So, keep calm, ya. Segeralah move on dan kembali mendapatkan kebahagian.

Nah, buat kamu yang sedang sedih atau lagi badmood, saya kasih resep ampuh supaya badmood pergi jauh-jauh. Apa itu?

Gampang banget, lho. Ternyata cukup mudah dan cepat. Caranya dengan makan pedas, salah satunya dengan mencoba resep daging sapi kuah pedas. Dijamin badmood kamu hari ini bakal hilang. Kamu nggak lagi merasakan depresi, stres, sedih atau apalah itu. Nggak percaya? Saya sudah coba, lho. Dan kini giliran kamu mencoba segera!

Makan Pedas Ngilangin Stres? Memang Bisa?

Dilansir dari Lifehack.org, tips ampuh melenyapkan badmood dan kesedihan berkepanjangan adalah dengan memakan makanan pedas. Rasa pedas yang didominasi cabai membantu tubuh memproduksi hormon endorfin lebih banyak. Endorfin adalah sejenis hormon atau senyawa kimia di tubuh untuk mengendalikan luka dan stres. Endorfin juga sering dikaitkan dengan rasa gembira di hati, sehingga masuk sebagai salah satu hormon kebahagiaan.

Hormon endorfin penghilang stres

Nah, dalam tubuh manusia sebenarnya sudah ada hormon endorfin yang bisa memberikan energi positif saat kita sedang sakit, terluka maupun stres. Hanya saja memang kehadirannya harus dipicu. Dan salah satu cara untuk memicu hormon endorfin tersebut semakin meningkat adalah dengan konsumsi makanan pedas.

Jadi tahu, ya, sekarang bahwa penghilang badmood, stres, atau sedih ternyata mudah banget, kan? Dan pasti makanan pedas ini bisa didapatkan dengan mudah. Kamu nggak perlu ke luar rumah jauh-jauh demi mendapatkan makanan tersebut. Bisa kok dengan memasak di rumah.

Seperti yang saya lakukan dua hari lalu. Ketika merasa suasana hati tidak baik-baik saja, saya mencoba self-healing dengan memasak daging sapi kuah pedas. Memang harus daging? Nggak bisa yang lain?

Bisa banget memasak makanan lainnya. Biasanya saya juga cukup bikin mie kuah pedas levelnya ampunan. Hahaha … tetapi berhubung di kulkas ada simpanan daging sisa kurban. Ya sudah saya memanfaatkan itu. Simpel, kan?

Alasan Lain Kenapa Memilih Daging Sapi sebagai Penghilang Stres 

Traveler, percaya nggak sih, ternyata dari beberapa penelitian diketahui bahwa daging sapi memiliki sifat penghilang stres karena mengandung vitamin B dan zinc. Meski dari segi kesehatan daging sapi mengandung lemak jenuh yang mungkin meningkatkan penyakit jantung koroner, tetapi jika kamu bisa mengolahnya dengan cara yang tepat, kamu bisa meminimalisir itu kok. Misal

Misal saya memilih untuk menambahkan banyak cabai dalam olahan daging dengan alasan kandungan capsaicin pada cabe bisa membantu menurunkan kadar lemak jenuh pada daging. Lalu, saya juga mencampur sayuran wortel dan tomat.Kandungan likopen pada tomat bermanfaat juga untuk mentralisir lemak jenuh.

Dan ketika usai menyantap daging kuah pedas tersebut bersama sepiring nasi, saya coba menetralisir dengan membuat minuman hangat dari rempah jahe. Tak hanya itu saja, saya juga mengimbanginya dengan banyak minum air putih setelahnya. Jika ada buah di dalam kulkas, kamu juga boleh memakannya, ya.

Cara Memasak Daging Sapi yang Benar dan Nutrisinya Tidak Hilang

Daging sapi sehat

Di balik kelezatan olahan daging sapi yang lezat, ada beberapa kandungan nutrisi yang perlu kamu tahu, yaitu:

  • 179 kalori
  • 7,9 gr lemak
  • 3,0 gr lemak jenuh
  • 73,1 mg kolesterol
  • 2,9 mg zat besi
  • 25 gr protein

Selain itu, daging sapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti:

  • Vitamin B12 untuk pembentukan darah dan sistem saraf
  • Seng yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh
  • Selenium membantu berbagai fungsi tubuh
  • Niasin atau vitamin B3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung
  • Vitamin B6 untuk pembentukan darah dan metabolisme energi
  • Fosfor yang berfungsi untuk pemeliharaan tubuh

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin pada daging sapi di atas tetap bisa memberikan manfaat pada tubuh apabila proses pengolahannya baik dan tepat, serta tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Bagaimana mengolah daging sapi dengan benar, sehat sekaligus nutrisinya tidak hilang? Begini caranya:

  1. Pilihlah daging sapi yang segar. Ciri-ciri daging segar di sini adalah tidak berbau ais, tidak berlendir, dan tidak berwarna cokelat
  2. Cucilah tangan dengan air mengalir terlebih dahulu sebelum mengolah daging. Tujuannya menghindari kuman di tangan menempel pada daging.
  3. Pisahkan talenan untuk mengiris daging sapi dan sayuran agar tidak terkontaminasi bakteri
  4. Cuci daging sapi dengan air sampai bersih agar parasit atau bakteri pada daging hilang.
  5. Masaklah daging hingga matang untuk menghilangkan bakteri seperti E.coli atau parasit
  6. Hindari memasak daging sapi terlalu matang atau berubah warna kehitaman atau sedikit gosong. Karena jika terjadi bisa menimbulkan karsinogenik atau zat pemicu kanker.
  7. Jangan terlalu banyak garam supaya tidak memicu tekanan darah tinggi dan gangguan ginjal

Oh ya, untuk menjaga kesehatan sangat disarankan untuk konsumsi daging 2-3 kali dalam seminggu, ya.

Resep Daging Sapi Kuah Pedas Maknyuss dan Sehat

Resep daging sapi kuah pedas

Ngomongin soal olahan daging sapi, sejujurnya selalu bikin perut saya keroncongan. Selain cita rasanya lezat, daging sapi memberikan kandungan baik untuk kesehatan. Nah, kali ini saya berbagi resep daging sapi kuah pedas yang simpel banget memasaknya. Kamu nggak membutuhkan banyak bahan hanya untuk membuat olahan terasa nyummy, lho.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan 

  • 200 gram daging sapi segar iris tipis-tipis
  • 1/4 tulang sapi
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 2 sdt bawang merah goreng
  • 3 daun bawang potong kecil
  • 2 buah wortel
  • 2 buah tomat segar
  • 4 buah cabai merah, 3 buah cabai hijau, 5 buah cabai rawit
  • Lada bubuk secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kecap manis sedikit saja
  • jahe diparut secukupnya
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam

Cara Memasak Daging Sapi Kuah Pedas

  • Cuci bersih tulang dan daging sapi
  • Rebus daging sapi dan tulang sapi  sampai matang dan empuk, lalu buang air rebusannya
  • Jika sudah matikan kompor, lalu lanjutkan dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan
  • Tuang minyak goreng secukupnya atau sesuai selera. Masukkkan bawang putih, bawang merah, jahe, serai dan daun salam ke dalam wajan. Tumis hingga harum.
  • Masukkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan daging dan tulang sapi serta wortel sampai matang.
  • Tambahkan garam, penyedap rasa, gula, lada bubuk dan kecap secukupnya. Aduk rata dan tes rasa
  • Terakhir, tes tingkat kematangan wortel dan daging, Usahakan daging tidak terlalu matang, kemudian masukkan irisan cabai merah, hijau, rawit, dan tomat. Aduk lagi sampai merata.
  • Setelah semua sayuran, daging, tulang dan bumbu meresap, silakan matikan kompor.
  • Sajikan bersama taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya.

Jadi mau coba resep daging sapi kuah pedas sekarang agar stres hilang? Semoga resep di atas bisa jadi inspirasi dan bermanfaat untuk siapa saja, khususnya kamu yang lagi butuh dipeluk karena sedang tidak baik-baik saja, ya. Selamat mencoba!

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

Referensi Jasa Pengiriman Barang Paling Banyak Dicari, Fasilitas Cek...

Jasa Pengiriman Barang Paling Banyak Dicari, Fasilitas Cek Ongkir Barang yang Fast Respon dan...

Keseruan Perjalanan Surabaya Jember Naik Kereta Api Sri Tanjung...

Hola, Traveler Apakah saat ini kamu ingin melakukan perjalanan Surabaya Jember Naik Kereta Api? Jika...

Ini Alasan Kenapa Saya Harus Menjejakkan Kaki Ke...

“Sejak kapan terpikat magisnya Tana Toraja?" Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebelumnya saya harus berterima...

Pesona Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Hai, Traveler ... Tahukah Anda bahwa pantai Tanjung Tinggi Belitung merupakan lokasi syuting film laskar...

Asyik dan Menantang! Inilah 5 Tempat Camping di Malang...

Kota Malang di Jawa Timur terkenal indah dan dingin. Orang-orang yang tinggal di sekitar...

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

Popular Categories

Comments

  1. Suasana hatiku lagi gak baik-baik saja. Besok coba masak daging sapi kuah pedas ini deh. Langsung eksekusi …biar segera move on…hihi..Makasih mba resepnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here