google.com, pub-5399346932454344, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sejarah Tengkleng Kambing Solo yang Melegenda dan Resep Rahasianya yang Dapat Kamu Coba!
Sejarah Tengkleng Kambing Solo yang Melegenda dan Resep Rahasianya yang Dapat Kamu Coba!

Sejarah Tengkleng Kambing Solo yang Melegenda dan Resep Rahasianya yang Dapat Kamu Coba!

Hola Travelers,

Sudahkah kamu Jalan-jalan ke Solo? Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya juga, yang paling terkenal adalah tengkleng kambing khas Solo dan telah melegenda sejak dahulu. Setiap wisatawan yang datang pasti tidak lupa untuk mampir sekedar menikmati kuliner lezat ini.

Selain rasanya yang lezat, tengkleng Solo ini ternyata juga memiliki sejarah yang tak kalah unik. Penasaran tentang asal usul terciptanya kuliner satu ini? kamu harus baca artikel ini hingga habis.

Asal Usul Tengkleng Kambing Solo

Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai makanan khas yang melegenda dan terkenal dengan kelezatannya. Begitu pula dengan daerah Solo. Setiap menyebutnya yang teringat selain batik dan pasar Klewernya, pasti yang terbersit adalah tengkleng kambingnya.

Makanan ini terkenal kelezatannya sejak dulu. Namun, dibalik rasanya yang lezat tersimpan cerita unik tentang asal usulnya dan mungkin hanya sebagian besar orang yang tahu.

Menurut penuturan warga Solo, tengkleng terlahir dari pemikiran kreatif orang Solo dalam menghadapi kondisi paceklik yang terjadi masa itu. Tepatnya ketika dijajah Jepang.

Pada saat itu, rakyat hidup tercekik dalam kesengsaraan akibat bahan pangan yang menipis. Para kaum kecil jika ingin makan terpaksa mengolah apapun agar bisa jadi makanan yang mengenyangkan.

Pada masa penjajahan Jepang untuk memenuhi kebutuhan pangan dan sandang memang sangat sulit. Bahkan untuk mengatasi rasa lapar pun, bonggol pisang diolah untuk menjadi makanan. Termasuk diantaranya adalah limbah kambing seperti tulang belulang dan jeroannya.

Kedua bahan tersebut diolah dengan bumbu berbeda hingga rasanya pun jadi unik. Bumbu yang digunakan pun semuanya tersedia di dapur misalnya kelapa, jahe, kunyit, daun jeruk segar, serai, aneka bawang, kemiri, pala dan lainnya.

Paduan bumbu inilah yang menciptakan sensasi makanan yang lezat hingga jadi layaknya makanan mewah khas bangsawan. Cara makannya yang digigit sisa daging pada tulangnya juga menimbulkan sensasi tersendiri dan disitulah letak kenikmatannya.

Menyesapi lezatnya tengkleng kambing pada sumsum tulangnya yang mempunyai rasa khas, terkandung filosofi hidup juga. Bahwa menikmati tengkleng tidak hanya untuk mencari kenikmatannya saja, tapi juga meresapi setiap rasa bumbu yang menyerap dalam masakan tersebut.

Filosofi lainnya selain takaran bumbunya, juga tidak terbuangnya sisa potongan kambing berupa tulang dan jeroan. Memanfaatkan sisa dan biasanya terbuang tersebut adalah sebagai wujud syukur atas bahan pemberian Tuhan.

Kepandaian orang Solo pada saat itu tidak hanya pengolahan tengkleng kambing saja. Ada juga bakmi jawa, timlo dan lainnya. Bukti bahwa warga Solo memang terlatih dan hasilnya tidak bisa diremehkan soal kuliner.

Resep dan Bahan Tengkleng Kambing Solo

 

Resep tengkleng kambing solo

Pernah merasakan nikmatnya tengkleng kambing khas Solo dan ingin menikmatinya lagi? Kamu tidak perlu khawatir, karena kamu pun bisa mengolahnya sendiri di rumah. Tidak harus jauh-jauh datang ke Solo. Soal rasa, jangan ditanya. Resep rahasia di bawah ini dijamin mendekati rasa asli tengkleng khas Solo. Cek resep dan bahannya di bawah ini:

Bahan tengkleng kambing

  • Bagian kambing yang tidak terpakai, seperti jeroan dan kepala
  • jahe dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut buang tulangnya
  • santan ecer
  • santan kental
  • daun salam
  • serai
  • Bumbu halus
  • ketumbar sangrai 1 sdm
  • gula merah secukupnya
  • cabai merah besar
  •  cabai keriting
  • cabai rawit
  • jintan sangrai secukupnya
  • bawang putih 6 siung
  • bawang merah 10 butir
  • kemiri
  • kunyit bakar
  • lengkuas
  • 1 buah kayu manis
  • cengkeh
  • bunga lawang
  • pala bubuk
  • kaldu bubuk

Cara Membuat Tengkleng Kambing Solo

  1. Masak bagian kambing hingga empuk bersama santan encer, daun jeruk, serai dan dan daun salam.
  2. Apabila belum lunak, tambahkan air hingga benar-benar empuk. Rebus dengan api kecil dan tutup rapat.
  3. Setelah empuk tambahkan santan kental sedikit demi sedikit dan buang kotoran lemak yang ada.
  4. Goreng duo bawang dan cabai. Lalu haluskan.
  5. Setelah halus tumis bersama mericam ketumbar, serai, jintan dan pala hingga mengeluarkan aroma semerbak.
  6. tuangkan hasil tumisan tersebut rebusan. Tambahi jahe, daun jeruk, lengkuas, daun salam, cengkeh dan bunga lawang. Masak hingga matang.
  7. Begitu mendidih masukkan cabai, aduk sebentar dan siap untuk disajikan.
  8. Jika ingin lebih nikmat lagi, kamu bisa menggunakan iga atau kaki kambing yang telah direbus hingga empuk, tapi jangan merebusnya bersama jeroan. Usahakan merebusnya secara terpisah agar didapatkan kaldu yang lezat.

Fakta Tengkleng Kambing Yang Melegenda

Menyantap tengkleng kambing, tidak cukup hanya tahu resep dan sejarahnya. Kamu pun wajib paham beberapa fakta uniknya di sini:

1. Cara Menikmatinya Unik

Jangan heran saat menikmati tengkleng, kamu tidak akan mendapati banyak daging di dalamnya. Mayoritas yang disajikan adalah tulang belulang dan bagian dalam kambing. Namun, disinilah sensasinya. Kamu harus berjuang menikmati sisa daging ada pada tulang untuk merasakan kenikmatannya.

Bagi mereka yang tidak familiar menggigiti tulang seperti ini akan nampak tidak biasa. Akan tetapi, sensasi inilah yang membuatnya unik.

2. Rekomendasi Kuliner Tengkleng Paling Enak

Di Solo tempat kuliner ini yang paling terkenal adalah Tengkleng Rica Pak Manto. Lokasinya di Jalan. Honggowongso Nomor. 36 Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Lainnya adalah Tengkleng Klewer Bu Edi yang ada di Pasar Klewer, Gajahan, Jalan. Dr. Radjiman, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Menikmati semangkok tengkleng kambing kuliner Solo memang tidak cukup, kelezatannya yang terkenal akan membuat siapa saja ingin kembali menikmatinya.

2 Comments

  1. Pingback: Rahasia Membuat Resep Mie Aceh Seenak Di Restoran - My Words' Journey

  2. Pingback: Lezatnya Nasi Tempong Banyuwangi, Kamu Wajib Cicipi! - My Words' Journey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.