Tips
Tahu Gejrot, Kudapan Pedas Khas Cirebon

Tahu Gejrot, Kudapan Pedas Khas Cirebon

Hola, Traveler, Suka kuliner pedas? Tahu Gejrot bisa menjadi pilihan kamu, lho. 

Meski cara membuatnya sederhana, makanan khas Cirebon ini selalu mencuri perhatian pecinta kuliner. Harga seporsi makanan berbahan dasar tahu pong ini juga cukup terjangkau.

Menikmati seporsi kuliner pedas ini sambil mengobrol bisa menjadi pengisi waktu sore yang menyenangkan.

Apalagi banyak pedagang yang menjajakan keliling. Jika sedang di Cirebon, kamu bisa datang ke warung yang khusus menyediakan cemilan khas ini.

Sejarah Tahu Gejrot Cirebon

 

Tahu Gejrot

 

Sejarah Tahu Gejrot berawal dari tahun 1950. Seorang pengusaha Tionghoa mendirikan pabrik tahu di desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Hampir semua pegawai berasal dari wilayah setempat.

Salah satu olahan produksinya berupa Tahu Gejrot yang sampai saat ini sangat terkenal. Setelah pemilik ganti usaha, beberapa mantan pegawai mulai membuka usaha yang sama. Dari mereka kuliner ini terus bertahan sampai sekarang. 

Sekarang, kuliner lezat dan murah ini menjadi cemilan yang selalu dicari wisatawan ketika berkunjung ke Cirebon. Meski sebenarnya resep yang mudah sudah menyebar dan banyak pedagang menjajakannya, namun jika menikmati di kota asal, sensasi rasanya terasa berbeda. 

Baca juga: Rekomendasi Nasi Lengko Cirebon, Makanan Khas Murah dan Lezat

Keunikan Tahu Gejrot Khas Cirebon

Menyantap seporsi tahu dengan menggunakan piring dari gerabah menjadi pengalaman yang menarik. Sedangkan untuk mengambil irisan tahu tidak menggunakan garpu, melainkan lidi dengan cara menusuknya.

Cara menikmati tahu yang unik ini masih bertahan sampai sekarang. Menurut pecinta Tahu Gejrot Cirebon, sebenarnya menggunakan piring biasa pun tidak merubah rasa nikmatnya. Namun karena sudah terbiasa, jika tidak menggunakan piring gerabah terasa kurang lengkap.

Bahan utama pembuat makanan khas ini adalah tahu pong goreng. Rasa nikmat berasal dari kuah sederhana dengan bahan kecap, cabe rawit, bawang merah dan gula yang diencerkan. 

Nama gejrot diambil dari suara yang keluar ketika pedagang menuangkan kuah ke piring. Kuah tersebut biasanya disimpan dalam botol kaca. Meski saat ini banyak model tempat kuah yang lebih menarik, namun pedagang tetap mempertahankan keunikannya. 

Warung Tahu Gejrot terkenal di Cirebon

Datang ke Cirebon tanpa menikmati kuliner satu ini rasanya kurang lengkap. Untuk mendapatkan Tahu Gejrot terdekat cukup mudah. Jika berada di kota udang, bisa bertanya kepada warga dan dengan senang hati akan menunjukkan beberapa warung.

Meski menikmatinya di warung yang terkenal, namun jangan khawatir soal harga. Seporsi hidangan nikmat ini cukup terjangkau. Ingin menikmati langsung di warung yang cukup terkenal? Bisa datang ke sini:

1. Tahu Gejrot Kanoman

 

Tahu gejrot

Warung tahu yang terkenal ini berada di depan pasar Kanoman, Lemahkuwuk. Karena itu orang lebih familiar dengan nama pasar tersebut. Kiosnya sangat mudah dikenali karena selalu ramai pengunjung. 

Datanglah sebelum jam 5 sore. Meski buka dari jam 7 sampai 5 sore, namun karena banyaknya pembeli sebelum waktu tutup seringkali sudah ludes. Karena itu agar tidak kecewa, lebih baik datang pagi atau siang hari. 

Tahu Gejrot Kanoman Cirebon milik pak Wawan ini sudah ada sejak tahun 1990. Saat ini, usaha tersebut dikelola oleh anak pak Wawan yang meracik sendiri dagangannya. Dalam satu hari bisa menghabiskan sampai 5.000 tahu yang disuplai dari pabrik di Ciledug.

Baca juga: Rekomendasi Nasi Jamblang Terkenal dan Terlaris

2. Tahu Genjrot Mang Dio

 

Resep tahu gejrot

Salah satu keunikan yang masih dipertahankan oleh warung ini adalah tempat penyajiannya menggunakan piring dari gerabah.

Lokasi warung berada di wilayah Kosambi dan sampai sekarang banyak yang merekomendasikan Tahu Gejrot Mang Dio karena rasanya pas dan bumbunya bisa meresap sampai ke dalam. Ciri khas lain adalah bawang putih dan merah yang ditumbuk kasar. 

Bagi yang tidak suka pedas, bisa memesan sesuai dengan level yang diinginkan. 

Jadi tidak ada alasan untuk menolak seporsi tahu nikmat ini karena takut kepedasan. Soal harga, warung ini juga mematok hampir sama dengan tempat lain. 

3. Tahu Gejrot Pak Wardi

Pertama buka pada tahun 1972, warung kuliner ini berada di Jatiseng, Ciledug, Cirebon. Pemilik menyampaikan bahwa saat ini semakin banyak pecinta Tahu Gejrot dari luar kota yang begitu datang pasti mencari sajian khas ini.

Dengan semakin banyaknya pecinta, warung yang saat ini dikelola oleh Bu Wardi bertambah ramai.

Tahu yang menjadi bahan utama langsung dari pabrik di Ciledug. Untuk harga cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 setiap porsi. Dalam satu haru bu Wardi bisa menjual sekitar 6.000 tahu.

Resep Tahu Gejrot Cirebon

Untuk membuat sendiri kuliner satu ini cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan pun banyak tersedia di pasar. Selain tahu, kunci rasanya terletak pada kuah yang pedas segar dan tambahan rasa manis dari gula

Bahan-Bahan

  • Tahu pong secukupnya
  • Bumbu
  • 2 cabe rawit merah
  • 5 cabe rawit hijau
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang hijau 
  • Garam

Bumbu tambahan

  • 5 sendok air asam
  • Kecap manis
  • 2 sendok makan gula merah
  • 700 ml air

Cara Membuat Tahu Genjrot

Goreng tahu sampai kering, kemudian tiriskan. Sedangkan untuk kuah caranya dengan menggiling kasar bumbu dan mencampurkan bahan tambahan. Setelah itu Tahu Gejrot nikmat siap dihidangkan.

Ingin menikmati kuliner khas satu ini? Jangan lupa, begitu sampai di kota Cirebon langsung menuju salah satu warung Tahu Gejrot terdekat yang menyediakannya.

Jika ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh pun bisa. Saat ini banyak warung yang menyediakan dalam kemasan praktis untuk di jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *