5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura Yang Wajib Kamu Kepoin

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah yang patut dijadikan kendala. Bagi pendaki, kepuasan dalam pendakian adalah mampu melewati tantangan.

Gunung argopuro di Bondowoso
Sumber gambar : wisatakita.com

Hola,Travelers!

Pernah mendengar gunung Argapura? Konon, gunung ini sangat legendaris di Pulau Jawa, lho. Pernah menjadi perbincangan seru karena pesona alamnya yang indah. Namun, tak sedikit yang menganggap gunung argapura yang terletak di Bondowoso ini memiliki kisah penuh misteri. Penasaran?

Gunung ini sangat melekat dengan ejaan lidah orang Jawa. Jika ditulis sesuai ejaan, maka gunung argapura akan diakhiri huruf ‘a’, akan tetapi masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya dengan diakhiri huruf ‘o’ yakni gunung Argopuro. Unik, ya?

Istimewanya, Gunung Argapura ini menjadi salah satu cagar alam yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar gunung  yang trek pendakiannya menantang. Dan saya pernah membuat cerita pendek dengan mengambil unsur cagar budaya, yang mana Gunung Argapura dengan segala keunikannya menjadi latar cerita saya tersebut. Bisa baca ceritanya di kumpulan fiksi berjudul “Romansa Silam” ya. Teteup, promosi sedikit. Hehehe

Nah, tahukah, Travelers, jika gunung ini adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak lagi aktif yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia? Pemandangan di sana juga tak kalah indah dengan gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Meskipun gunung ini dikenal dengan bermacam misteri dan kisah seram, para pendaki selalu memasukkannya dalam daftar petualangan yang cukup menantang. Jadi, tak lengkap rasanya jika sebagai pecinta alam, Anda belum menaklukkan gunung eksotis yang satu ini.

Namun, sebelum mendaki ke sana, baiknya Anda baca artikel ini sebagai referensi agar perjalanan mendaki Anda menyenangkan.

Kira-kira, apa saja sih yang bikin para pendaki berkeinginan mengarungi dunia alam sekaligus mistis di sana? Berikut 5 keseruan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain selain Gunung Argapura:

1. Gunung Argapura Dikenal Sebagai Bekas Istana Sang Dewi

gunung argopuro di bondowoso
Sumber gambar : www.instagram.com/inarizkii

Ada dua puncak gunung Argapura yang berlokasi di Bondowoso, dan sering dijadikan tempat tujuan para pendaki dan memiliki kisah menarik. Puncak terpopuler adalah Puncak Rengganis yang lebih mudah dicapai karena cukup melewati bukit-bukit.

Konon ada sebuah legenda, tinggallah seorang bernama Dewi Rengganis. Diceritakan Putri berparas ayu itu mengasingkan diri dengan membangun istana di puncak. Itulah mengapa puncak ini dinamai Puncak Rengganis.

Sampai sekarang kita masih bisa melihat bekas puing-puing bangunan semacam candi yang diyakini sebagai bekas istana sang putri. Spot yang tentu instagramable buat Anda yang punya hobi fotografi.

Bagi para pendaki yang sudah sering ke gunung ini sudah tidak asing lagi dengan hal-hal gaib yang kadang terjadi. Seperti melihat bayangan atau mendengar suara tanpa bisa melihat dari mana sumber bayangan atau suara tersebut.

2. Gunung dengan Jalur Trek Terpanjang

misteri gunung argopuro di bondowoso
Sumber gambar: www.instagram.com/lingkarjatim

Gunung ini berada di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Hyang. Tidak salah jika kompleks ini sering disebut sebagai Hyang-Argapura. Memiliki jalur menuju puncak gunung sangat panjang. Bahkan merupakan jalur terpanjang di Jawa karena berjarak sekitar 63 Km yang ditempuh selama 4-6 hari.

Hal itu disebabkan pegunungan ini terdapat jalur untaian lembah yang panjang sedalam 1000 meter. Hal ini pula yang menjadi sebuah tantangan menarik bagi para pendaki untuk bisa menaklukkan trek.

Baca juga : Wajib Tahu!  Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di Kawah Ijen yang Diburu Para Traveler

3. Argapura Menjadi Puncak Tertinggi dari Kompleks Pegunungan Hyang

gunung argopuro situbondo
Sumber gambar: www.instagram.com/indonesiatrackking

Misteri gunung Argapura di Bondowoso ini memang sudah melekat di hati para pendaki. Namun, pesona eksotis gunung ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung, gunung ini memiliki banyak puncak, yakni ada 12 puncak. Dan dari 12 puncak ini terdapat banyak pemandangan menarik yang menganggumkan.

Dengan pesonanya yang bikin semua mata terpana, tentu untuk mencapai puncak tersebut membutuhkan waktu dan jalur berbeda, serta perjalanan panjang. Tetapi semua kesulitan itu akan terbayar lunas saat Anda telah mencapai di dua puncak paling populer, puncak itu adalah puncak Rengganis dan puncak Argapura atau primer.

Nah, untuk bisa mencapai dua puncak ini pendaki harus membawa semua perbekalan yang pas dan persiapan yang matang karena Argapura adalah puncak tertinggi yang berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak ini ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi) dan mencapai puncak ini membutuhkan usaha dan perjalanan yang lebih ekstrim.

Anda siap menantangnya? Jika ya, gunung ini masih berada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, hingga mencakup Kabupaten Lumajang,  Jember, Bondowoso, dan Situbondo, dengan puncak Rengganis berada di wilayah Jember, Jawa Timur, Indonesia.

4. Taman Hidup, menenangkan sekaligus seram!

gunung raung via bondowoso
Sumber gambar: www.instagram.com/tepsieradventureteam

Taman Hidup adalah nama danau yang berada tak jauh dari puncak Rengganis. Danau tersebut memiliki pemandangan yang sangat cantik dan memukau. Air nan sejuk dan dikelilingi bukit-bukit yang indah. Rasa lelah selama perjalanan akan hilang begitu sampai dan disuguhi pemandangan nan tertata luar biasa.

Namun, di balik keindahannya danau ini juga menyimpan banyak kisah dan misteri. Konon, danau ini menjadi tempat mandi Ratu Rengganis. Keangkeran lain menyebutkan bahwa jika mandi di sana bisa tersedot masuk ke dalam danau dan menghilang.

Meskipun begitu legenda menyeramkan tak menjadikan Taman Hidup kehilangan penonton yang ingin menikmati keindahannya. Bikin makin penasaran, bukan?

Baca juga: 5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

5. Ada sabana “Kematian”!

gunung argopuro di bondowoso
Sumber gambar : www.instagram.com/ramamahaputra

Selain danau yang menjadi misteri gunung Argapura Bondowoso ini,  bukit dan lembah yang menakjubkan, Travelers bisa menjumpai sabana luas yang tak kalah indah setelah lelah menempuh rimbunnya hutan dengan keanekaragaman hayatinya. Ia adalah, the killing field, atau padang rumput Cikasur.

Sabana ini terbentuk, setelah ditinggalkan bertahun-tahun dan tidak tersentuh manusia. Dahulu, saat masa penjajahan Belanda, lokasi ini dibangun landasan pesawat. Hal ini ditandai dengan adanya semacam mesin genset dan menara pengawas udara yang ditemukan.

Menurut sejarah, landasan pesawat ini dibuat oleh para pekerja pribumi. Namun, saat pengerjaan telah selesai kolonial Belanda lalu menembaki semua pekerja yang berada di lokasi agar mereka tidak keluar dan memberitahukan tentang landasan tersebut pada para pejuang. Sadis, ya!

Jika mengesampingkan kisah tragis itu, pemandangan di sabana ini sangat menakjubkan. Pendaki juga senang menjadikan spot ini sebagai tempat beristirahat. Selain nyaman, di lokasi ini banyak ditumbuhi selada air yang menjadi bahan makanan segar dan kaya manfaat bagi kesehatan.

Travelers tertarik untuk mencoba? Tidak ada salahnya menjadikan Gunung Argapura di Bondowoso ini sebagai tujuan traveling Anda pada liburan di penghujung akhir tahun 2019 ini. Liburan pasti lebih menantang, ya.

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

SERUNYA 20 JAM BERLAYAR KE PULAU LOMBOK DENGAN KAPAL...

Hola, Travelers! Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman seru bersama keenam travel blogger naik...

WAE REBO, KAMPUNG DI ATAS AWAN UNIK DAN MENAWAN

Kau mainkan untukku Sebuah lagu tentang negeri di awan Dimana kedamaian menjadi istananya Dan kini tengah kaubawa Aku...

Wajib Tahu! Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di...

Hola, Travelers! Sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Rasanya belum lengkap jika ke Banyuwangi, Anda tidak...

Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu...

Hola, Travelers! Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak...

5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers! Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis. Jawa...

Popular Categories

Comments

  1. Indah sih.. .tapi kayaknya mendaki gunung bukan saya banget ..wkwkwkwk. Saya anak pantai aja🙈
    Ditunggu penjelajahan gunung berikutnya, Mbak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here