Travel
15 Wisata Cirebon Terbaru dan Hits Cocok untuk Healing

15 Wisata Cirebon Terbaru dan Hits Cocok untuk Healing

Hola, traveler, menikmati liburan bersama keluarga bukan hanya membuat pikiran menjadi lebih fresh, namun juga bisa meningkatkan kedekatan antar anggota. Destinasi Wisata Cirebon bisa menjadi pilihan.

Apalagi menuju kota di bawah kaki Gunung Ciremai ini cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, travel, bus maupun kereta.

Banyak wisatawan yang akhirnya datang kembali karena mengunjungi kota dengan multikultur ini tidak cukup dalam beberapa hari saja.

Jenis objek Wisata Cirebon terbaru pun bermacam-macam. Mulai dari keindahan alam, kampung Bali, keraton sampai yang modern.

Rekomendasi objek wisata Cirebon yang wajib kamu kunjungi

Cirebon merupakan kota pegunungan sekaligus pinggir laut yang sejuk dan indah. Kamu bisa mengunjungi objek Wisata Cirebon terdekat dari kota maupun yang berada di wilayah pinggiran. Semua recommended.

Kampung Sabin

Wisata cirebon

Ingin merasakan sensasi berada di Bali? Kamu bisa dapat ke Kampung Sabin, Wisata Cirebon rasa Bali. Pengunjung akan disambut dengan gapura khas Pulau Dewata dengan warna coklat keemasan yang sangat menawan dan cocok untuk berswafoto.

Pernak-pernik dan umbul-umbul lengkap sehingga menghadirkan nuansa Pulau Dewata di Jawa.

Semua pengunjung pun dapat merasakan nikmatnya makan di tengah sawah dengan ornamen Bali yang lengkap.

Jika ingin merasakan nuansa Bali, tidak perlu jauh-jauh, cukup datang saja ke objek wisata di Cirebon ini.

Bagi pecinta buah durian, kamu bisa menikmatinya di destinasi wisata satu ini. Di mana lagi dapat merasakan sensasi menginap seperti di Pulau Dewata selain Desa Sabin?

Baca juga: Backpackeran Kawah Ijen Budget Murah 

Banyu Panas Palimanan

images 1 8

Nama banyu berasal dari Bahasa Jawa yang berarti air. Seperti namanya objek wisata ini berupa pemandian dengan air panas yang berasal dari bukit kapur.

Kandungan bahannya baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jangan berendam terlalu lama.

Wisata alam ini dikelilingi bukit yang hijau. Uniknya, sumber mata air alami untuk mengisi kolam berpindah-pindah asalnya. Ini yang membuat wisatawan penasaran dan ingin melihat secara langsung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, sekitar 25 km.

Pantai Kejawanan

Wisata Cirebon 2022
Sumber foto: Pantainesia.com

Wisata Cirebon 2022 yang cukup ramai pengunjung adalah pantai Kejawanan. Lokasinya berada di Kecamatan Lemahwungkuk. Harga tiket masuknya sangat murah, cukup Rp. 2.000 saja.

Sedangkan jika ingin berkeliling dengan menggunakan perahu motor cukup membayar Rp. 5.000 per orang.

Yang unik dari pantai ini mempunyai nuansa seperti pulau Dewata, Bali. Kamu pun bisa sekaligus menikmati indahnya Gunung Ciremai dari pantai ini sekaligus melihat nelayan membongkar hasil tangkapannya.

Setu Sedong

Wisata cirebon
Sumber foto: https://www.instagram.com/abuchaerudin/

Objek wisata air berikutnya adalah Setu Sedong. Kamu akan mendapat suguhan pemandangan yang eksotik ketika berada di kawasan ini.

Agar tidak ketinggalan spot instagramable, datanglah pada pagi atau sore hari ketika matahari terbit maupun terbenam. Lokasi ini juga menjadi surga bagi yang suka memancing lho.

Goa Sunyaragi

Wisata Cirebon kota
Sumber foto pribadi

Bagi yang suka berwisata sejarah, kawasan ini sangat cocok. Goa Sunyaragi dulu merupakan tempat keluarga Keraton Kasepuhan melakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan batin.

Meski namanya goa, namun bentuknya hampir mirip dengan candi, yaitu berupa tatanan batu yang membentuk bangunan khas.

Banyak cerita mistis yang membuat wisatawan semakin penasaran untuk datang ke objek wisata satu ini.

Batu Lawang

Batu Lawang merupakan tempat wisata yang menyajikan permainan menantang seperti flying fox, panjat tebing sampai mengendarai ATV. Sedangkan jika ingin santai dan berswafoto, banyak spot keren yang layak diabadikan.

Batu Lawang cirebon
Sumber foto: starglamcirebon.com

Bentuk objek wisata utama berupa gerbang dari dinding batu yang sangat keras. Anak-anak bisa bermain di taman yang lengkap dengan aneka permainan. Kamu pun bisa melepas lelah dengan duduk di gazebo yang tersedia. Jika hari libur, sering ada pertunjukan di stage mini yang tersedia.

Baca juga : Alasan Kenapa Harus Menjejakkan Kaki ke Tana Toraja 

Telaga Nilem

Telaga Nilam cirebon
Sumber foto: suarasatujabar.com

Ingin berwisata di tempat eksotik? Telaga Nilam salah satunya. Kamu bisa berenang bersama bermacam ikan yang ada di dalamnya. Karena airnya yang bening, seolah berada di dalam akuarium berukuran raksasa.

Kedalaman telaga Nilem sekitar 3 meter, seperti sebuah hamparan kaca hijau bening dengan kerikil, bebatuan, lumut dan ganggang didalamnya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler yang berkunjung.

Lokasinya berada di kawasan kompleks Telaga Remis. Tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Posisinya yang berada di perbatasan Cirebon, Majalengka dan Kuningan

Taman Kera Plangon

Wisata cirebon
Sumber foto: nativeindonesia.com

Di taman berupa hutan seluas 48Ha ini, wisatawan bebas bercengkrama dengan kera yang berkeliaran.

Objek wisata ini juga menjadi tempat ziarah karena terdapat dua makam kuno milik Pangeran Panjungan dan Pangeran Kejaksan, terutama setelah hari raya Idul Fitri.

Wisata Kura kura Belawa

Wisata Cirebon terbaru
Sumber foto: jejakpiknik.com

Berlibur sambil belajar mengenal satwa? Datang saja ke wisata Kura kura Belawa. Selanjutnya pengunjung bisa lebih mengenal binatang satu ini yang mempunyai umur hampir 150 tahun.

Pemandangan alam pegunungan di sekitarnya menambah keindahan dan keasrian objek wisata satu ini.

Waterland Ade Irma Suryani

Wisata Cirebon kota
Sumber foto: liburanyuk.co.id

Wisata Cirebon kota ini hadir dengan banyak wahana. Salah satu yang banyak mencuri perhatian adalah kapal berukuran besar dan rumah apung.

Lokasinya tepat berada di pinggir pantai dengan 44 cottage yang bisa disewa per hari dengan harga satu jutaan.

Bukit Gronggong

Wisata Cirebon
Sumber foto: jakartakita.com

Bukit Gronggong merupakan objek wisata Cirebon Kuningan yang ada di jalur utama dua wilayah tersebut. Pemandangannya sangat eksotik dan memberi nuansa romantis. Apalagi jika menikmati keindahannya pada sore menjelang malam hari.

Baca juga: Tempat Camping di Malang Asyik dan Menantang

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Ingin menikmati wisata Cirebon bernuansa religi? Kamu bisa datang ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Wisata Cirebon kota
Sumber foto: Wikipedia.com

Selain menikmati keindahannya jangan lupa menjalankan shalat di dalam bangunannya yang sangat cantik ini. Letaknya di dalam Keraton Kasepuhan dan merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa.

Wana Wisata Ciwaringin

Destinasi wisata berikutnya cocok untuk yang menyukai hutan. Kamu bisa me time bersama alam.

Wisata Cirebon populer
Sumber foto: alyarentcar.com

Selain itu juga melakukan kegiatan jelajah alam, memancing dan motor cross. Bisa juga mendirikan kemah dan menikmati sejuk serta rimbunnya dedaunan. Apalagi ditambah aroma kayu putih yang merupakan tanaman utama.

Danau Setu Patok

Tidak ada yang meragukan keindahan wisata alam satu ini. Selain suasananya romantis, pemandangan alamnya sangat menarik. Datanglah pada sore hari untuk berburu sunset dengan semburat warna merah keemasan yang eksotis.

Wisata alam Cirebon
Sumber foto: keluyuran.com

Jangan lupa mengabadikan momen ketika naik boot menuju puncak bukit yang ada di tengahnya. Sebaiknya memesan penginapan jauh hari agar jangan sampai kehabisan karena lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung.

Desa Wisata Cikalahang

Wisata Cirebon

Cirebon memang kaya dengan desa wisata yang cantik, salah satunya Cikalahang yang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

Objek wisata ini juga merupakan akses untuk memasuki destinasi Telaga Remis.

Dua daya tarik yang membuat pengunjung ingin datang kembali adalah kawasan pemancingan Situ Pejaten dan kolam renang Hegar.

Kamu pun bisa melakukan outbond dan menikmati dingin serta segarnya suasana kaki Gunung Ciremai yang masih bersih dari polusi.

Wisata Cirebon selalu mengundang tamu untuk datang dan mengeksplor semua keindahannya. Apalagi tersedia banyak spot cantik dan destinasi lengkap, mulai dari pantai, pegunungan, danau, perbukitan dan taman. Bahkan bisa menikmati sensasi tinggal di Pulau Bali di salah satu objek wisatanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *