Blog
6 Wisata Solo Murah, Keren dan Berkesan, Wajib Kamu Kunjungi

6 Wisata Solo Murah, Keren dan Berkesan, Wajib Kamu Kunjungi

Solo terkenal sebagai kota budaya yang penduduknya sangat ramah dan bersahaja. Bukan itu saja, Wisata Solo juga mengundang banyak wisatawan untuk datang dan menikmati setiap sudut kota.

Dari objek tradisional sampai modern ala Eropa, semua ada. Harga tiket masuknya pun terjangkau. Bagi yang ingin menikmati destinasi keren dan berkesan, banyak pilihan.

Untuk menuju kota Solo sangat mudah. Anda bisa naik pesawat, kereta dan bus umum yang beoperasi selama 24 jam. Kendaraan umum dalam kota untuk menuju destinasi tersebut juga tersedia banyak dengan ongkos yang murah dan nyaman.

Destinasi Wisata Solo yang Keren dan Berkesan

Agar bisa menikmati semua destinasi, Anda perlu menyediakan waktu yang cukup. Karena keindahannya, akan membuat pengunjung malas untuk segera beranjak dan pindah lokasi. Destinasi keren ini pantas menjadi tujuan Anda ketika berwisata di kota dengan julukan Solo Berseri ini.

1. Destinasi ala Eropa: Heritage Palace Solo

images 10

Meski Solo terkenal dengan tradisi budaya Jawa yang adiluhung, namun juga menyajikan destinasi wisata kekinian dengan konsep ala kastil Eropa lho.

Tempatnya berada di bekas pabrik gula yang sudah tidak digunakan lagi. Bangunannya sendiri berdiri sejak tahun 1892 dan direvitalisasi menjadi destinasi keluarga.

Kamu bisa menikmati banyak spot ala Eropa yang instagramable. Pengunjung juga bisa menyewa kostum dan berfoto dengan latar dinding gedung utama. Ada juga spot dengan latar mobil antik, omah kualik, museum 3D art, garden resto, kids town dan pusat kuliner.

Lokasinya berada di Jln. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Pabelan, sukoharjo. Tiket masuk untuk outdoor Rp. 20 ribu. Sedangkan tiket terusan pada saat weekdays Rp. 55 ribu dan weekend Rp. 65 ribu. Jam operasional dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

2. Pasar tradisional tertua: Pasar Gedhe Hardjonagoro

Berlokasi tidak jauh dari balai kota Solo, pasar tradisional ini kini berdiri megah. Meski menjadi sentra perdagangan bagi produk lokal, namun nuansa Cina sangat terasa karena lokasinya merupakan pusan Pecinan.

Aneka dagangan digelar setiap hari. Banyak pengunjung yang datang dari jauh hanya untuk berburu kuliner tradisional yang lezat dan murah.

Tidak jauh dari pasar, cukup jalan kaki, kamu bisa sekalian mengunjungi klenteng Vihara Avalokitesvara Tien Kok Sie. Sekali berkunjung, kamu bisa menikmati beberapa destinasi sekaligus.

4. Belajar membatik dan ngopi cantik: Dalem Gondosuli

Batik khas Solo terkenal sejak jaman dulu. Bagi kamu yang ingin melihat koleksinya, belajar membatik atau ngopi cantik bisa datang ke Ndalem Gondosuli.

Art Deco yang digunakan merupakan bangunan tua tahun 1921 dengan konsep arsitektur unik, perpaduan antara Jawa, Cina, Islam dan Eropa.

Selain melihat dan belajar membatik, kamu juga bisa berbelanja kain batik sebagai cinderamata. Jika lelah, dapat duduk sambil ngopi cantik di Saudagar café dan Lounge.

Lokasi destinasi tradisional ini di Jln. Gondosuli No 125, Laweyan, Solo. Jam operasinya dari pukul 10.00 pagi sampai 01.00 WIB. Tidak sedikit juga yang datang untuk melakukan pre wedding atau sesi pemotretan lainnya.

5. Belanja kerajinan tangan keren: Ngarsopuro

Ingin menikmati kuliner tradisional sambil belanja kerajinan tangan yang unik dan keren?

Di Ngarsopuro Night Market tempatnya. Destinasi yang kental dengan budaya Jawa ini hanya buka sekali dalam seminggu, yaitu setiap malam Minggu saja. Tempatnya berada di Jln. Diponegoro, Keprabon. Jam buka dari pukul 18.00 sampai 22.45 WIB.

5. Bekas pabrik gula instagramable: De Tjolomadu

Lokasi wisata ini sebelumnya berupa pabrik gula yang dibangun jaman Belanda sekitar 158 tahun lalu.

Sebagai destinasi edukasi, kamu bisa menyaksikan mesin-mesin pembuatan gula yang sengaja masih dipertahankan. Semua sudut sangat instagramable.

Setelah lelah berkeliling, kamu bisa menikmati secangkir kopi di Tjolo Café dan Besali café yang berkonsep ala kolonial. Harga tiket masuk ke De Tjolomadu cukup terjangkau, Rp. 25 ribu saja.

Lokasinya berada di Jln Adi Sucipto no 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar. Objek wisata keren ini buka dari hari Selasa sampai Minggu (Senin tutup), dari jam 10.00 sampai 21.00 Wib.

6. Kereta api uap: Sepur uap Jaladara

Bagi sebagian orang, naik kereta api, mungkin sudah hal biasa. Namun yang satu ini beda. Lokomotif sepur kluthuk Jaladara buatan Jerman tahun 1896.

Bahan akarnya berupa uap api dari kayu jati. Kereta ini akan berjalan pelan di tengah kota antara stasiun Purwosari sampai Sangkrah dengan waktu tempuh 2,5 jam. Di beberapa stasiun, kereta akan berhenti.

Uniknya, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi alunan musik tradisional kecapi dan aneka jamu. Dua gerbong berkapasitas 72 orang ini tetap terasa nyaman mensi tanpa AC karena angin berhembus sepoi-sepoi sepanjang jalan.

Kereta api ini hanya beroperasi 6 kali dalam satu bulan dan penumpang harus reservasi ke PT KAI atau Dinas Perhubungan kota Surakarta seminggu sebelumnya. Untuk harga tiketnya sekitar Rp. 50 ribu per orang, sesuai dengan pengalaman dan keunikannya.

Reservasi dilayani di Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Jln. Menteri Supeno No 7 Banjarsari, Manahan Solo.

Wisata Solo selalu menarik bagi pengunjung. Kamu bisa menikmati destinasi modern sampai tempo dulu yang keren. Berwisata bersama teman atau keluarga di kota Solo akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *