Berburu Wisata Romantis di Danau Setu Patok Cirebon

“Kalau mau lihat senja terbaik dan terindah, Danau Setu Patok pastinya, Mbak,” begitu katanya.

Jadi akhir Desember lalu, teman saya kedatangan tamu, seorang bule asal Netherlands. Namanya Anne.

Saya dan dia sempat diskusi kecil kira-kira enaknya diajak kemana teman bule ini. Karena soal wisata alam, jujur sih Cirebon sendiri belum banyak memiliki wisata alam yang eksotis buat dikunjungi.

Tapi jika mau berburu wisata di area kabupaten, wisata alam eksotis tak kalah menarik dengan yang ada di kota lain. Sebut saja Majalengka yang terkenal dengan Terasing-nya. Atau daerah Kuningan yang lebih banyak menyajikan keindahan beberapa danau.

Hingga akhirnya, kami pun memutuskan untuk mengajak teman bule ini ke Danau Setu Patok Cirebon.

Setu patok cirebon

Bacaan menarik lainnya : Telaga Nilem Cirebon, Wisata Air Sebening Kristal 

Lokasi Danau Setu Patok Cirebon Di mana?

Jelas ya. Setiap kali mau traveling pastinya alamat destinasi wisata tersebut yang ditanyakan kali pertama.

Karena saya bukan asli orang Cirebon, saya pun bertanya ke teman, alamat Setu Patok, di mana? Masih area kota kah?

Ternyata tidak. Lokasinya berada di kabupaten, tepatnya berada di Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

Teman saya bilang, sunset di danau ini “the best” pokoknya. Maka tak heran ketika saya dan ketiga teman lainnya sampai di sana sore itu, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Sepertinya, tak hanya hari biasa saja yang padat pengunjung. Weekend pun tak ada beda.

Pandangan pertama langsung terpukau ketika melihat danau terbentang luas dengan airnya yang biru, lalu di bagian tengah ada bukit dengan pepohonan rindang yang menjadi pemanis pemandangan.

Tak hanya itu saja, suasananya juga tenang meskipun pengunjung yang datang cukup padat. Semilir angin sore itu cukup bikin otak yang tadinya udah panas karena banyak deadline kerjaan, lalu berubah menjadi mode ‘dingin’ gitu. Hahaha

IMG 20221219 155206 01 scaled

Fasilitas di Danau Setu Patok Cirebon, Ada Apa Saja?

Tak sengaja, saya menanyakan di mana Musala-nya. Nggak pakai lama, teman yang sudah pernah ke sini sebelumnya pun menuturkan jika saya mau salat, tersedia Musala umum di bagian atas.

Nggak jauh dari tempat parkir sih. Tinggal jalan beberapa langkah menuju ke lokasi bagian atas di wisata Setu Patok tersebut. Nampaklah Musala sederhana yang bisa dijadikan tempat singgah sejenak untuk beribadah.

Terlihat juga beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan, juga minuman yang cukup bikin kenyang perut para pengunjung.

Kami sempat berteduh sebentar di area warung untuk melepas dahaga. Saya dan Anne memilih untuk membeli air kelapa muda. Teman lelaki memilih untuk sruput es fanta, dan teman satunya lebih suka kopi.

Makanan yang kamu beli pun tidak berat. Cukup camilan murah meriah yang penting kebersamaan.

Sementara disisi lain, konon katanya destinasi wisata ini memiliki Ciwalk atau sebuah area wisata yang berada di tepi waduk.

Ada juga seperti pondok wisata, area outbound, camping area dan kolam renang. Terdapat pula lintasan ATV, area painball dan lain sebagainya.

Oh ya, keluar dari area wisata Setu patok Cirebon, Anda bisa konkow di beberapa kedai kopi yang bisa dibilang asyiik buat berswafoto karena latarnya adalah bukit hijau. Juga sawah yang kebetulan lagi ijo-ijonya karena musim penghujan.

Bacaan Menarik Lainnya: Kampung Sabin Cirebon, Wisata Healing Serupa Ada di Bali

Menilik Sejarah Setu Patok

Wisata Setu patok cirebon

Sebenarnya, Setu patok adalah sebuah bendungan yang mana masyarakat di sana memanfaatkannya untuk mengairi sawah. Hingga akhirnya dijadikan sebagai wisata domestik.

Konon, di area Setu Patok ini dulunya  sering terjadi banjir, Sungai Naggela yang mengalir melalui desa Setu seringkali meluap dan banjir pun terjadi di Desa Setu dan sekitarnya.

Apabila musim penghujan tiba, masyarakat sudah waspada karena sudah menjadi kebiasaan bahwa daerah tersebut akan didatangi banjir.

Karena masalah banjir tersebut, jadilah sorotan oleh tokoh setempat, yaitu keturunan Luwung, Kiai Ento Rujitnala.

Dia memikirkan solusi tentang keluhan warga yang sering gagal panen atau rumah yang rusak akibat banjir.

Selain beliau disegani, Kiai Ento terkenal sakti. Yang mana terbesit untuk membuat bendungan yang tujuannya agar bisa menampung luapan sungai Nanggela.

Tentunya, Kiai Ento tidak melakukannya sendiri. Melainkan warga setempat membantunya.

Sayangnya, musibah tetap datang sekalipun bendungan telah jadi.  Bendungan yang dibuat malah bocor atau bobol ketika menampung sungai Nanggela. Kiai Ento pun terpaksa berpikir keras kira-kira cara apalagi yang harus dilakukan untuk membantu warga setempat.

Tekadnya yang kuat yang akhirnya mendorong untuk membangun kembali bendungan yang disertai dengan sayembara.

Sayembara tersebut berbunyi siapa saja yang sanggup membuat bendungan kokoh dan tidak terjadi lagi banjir di Desa Setu, maka dia akan dinikahkan dengan putrinya yang memiliki paras cantik, yakni Nyai Ratu Randulawang.

Daya Tarik di Danau Setu Patok

Danau Setu Patok

Apa yang menjadi daya tarik dari wisata Setu Patok Cirebon ini?

Untuk mendiskripsikan kata ‘terpukau’ di awal tulisan ini, faktanya Setu Patok memang memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan objek wisata di Cirebon lainnya.

Danau ini dikelilingi pepohonan perdu yang menghijaukan pemandangan. Air danau juga tenang sehingga mampu mengajak para penikmatnya ikut merasakan ketenangan pula.

Warna hijau yang cukup dominan dari pepohonan yang rindang membuat udara terasa sejuk, asri dan cocok banget buat healing. 

Dan seperti kata teman saya sebelumnya, sunset di Setu Patok Cirebon ini cantik, sehingga cocok dijuluki sebagai wisata romantis.

Kok bisa bilang gitu?

Karena tanpa sengaja saya melihat di sepanjang pinggiran danau tampak berjejer pasangan muda yang saling bercakap-cakap. Berdua memandangi air tenang danau sembari menunggu semburat jingga tiba sore itu. Romantis.

Berapa Harga Tiket Masuk ke Setu Patok Cirebon di Jawa Barat?

Tenang. Masuk ke sini free. Tidak ada biaya sama sekali. Kamu cukup membayar uang parkir saja yang dibanderol sebesar Rp3.000 jika datang membawa sepeda motor, atau Rp 5.000 bagi yang membawa mobil.

Murah banget kan? Wajib ke sini pokoknya!

Ragam Aktivitas di Wisata Danau Setu Patok Cirebon

Kamu bisa ngapain aja saat berwisata di Setu Patok ini?

Tenang, sekalipun nampak cuma bendungan, tetapi kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan di sini. Apa saja?

1. Memancing

Di wisata Setu Patok, kamu bisa memancing, lho.

Jenis ikannya bervariasi, mulai ikan mujair, gabus, hingga ikan nila. Karena tidak ada tempat penyewaan alat pancing, sebaiknya kamu membawanya sendiri.

Nah, uniknya, di danau ini mungkin tidak secantik wisata Cirebon lainnya, tetapi aktivitas memancing cukup seru karena pemandangan di sekelilingnya.

2. Berburu Spot Foto Kece

images 1

Jalan-jalan kekinian rasanya nggak lengkap kalau tidak mengabadikan kenangan dengan berfoto di lokasi wisata.

Nah, di danau Setu patok ini kamu bisa mengabadikan momen di beberapa tempat.

Tetapi yang paling banyak diminati adalah latar Gunung Ciremai, Danau, dan pulau kecil di tengahnya. Yang paling the best, pastinya sunset dong.

3. Piknik Santai

Menurut saya, wisata Setu Patok cocok menjadi tempat berlibur bersama keluarga.

Kamu bisa melakukan piknik Santai dengan membawa bekal makanan dari rumah sembari menikmati kesegaran udara dan pemandangan alam yang indah.

Bacaan Menarik Lainnya: 15 Wisata Cirebon Terbaru dan Hits Cocok untuk Healing

4. Bersantai di Cafe

Picsart 23 01 08 11 28 08 323 scaled

Sekalipun cafe yang saya sebutkan tidak semewah di kota, tapi cafe sederhana di kawasan yang tak jauh dari danau Setu Patok ini, cukup oke buat tempat singgah untuk menikmati suasana tenang.

Sambil memandangi pemandangan hamparan sawah yang luas, juga nampak keindahan Setu Patok dari kejauhan bisa menambah hormon bahagia, lho.

Akses Lokasi ke Danau Setu Patok

Menuju ke lokasi wisata Setu Patok terbilang cukup rumit. Karena akses jalannya cukup membingungkan.

Mungkin kalau saya datang ke sini lagi bakal nyasar karena lokasinya muter-muter gitu. Jadi pastikan buat mencari tahu terlebih dahulu lokasi yang tepat sebelum berkunjung ya. Hahaha

Dan sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan mobil atau motor pribadi.

Area yang bisa kamu lewati adalah melalui Perumnas Pamengkang, Kalijaga, Bandengan dan Beber. Rute perjalanan menggunakan sepeda motor sangat direkomendasikan.

Apa yang Berkesan Saat Berkunjung ke Danau Setu Patok?

Yang paling berkesan, tentunya dengan teman jalan.

Saya tidak menyangka jika akhir tahun kemarin mendapat saudara baru dari Netherlands.

Bisa berbagi cerita dengannya, terutama tentang kisah perjalanan Anne ke berbagai negara.

Takjub.

Selain itu, saya juga banyak dibikin ketawa oleh Anne dimana saat kami singgah sejenak di warung yang ada di Setu Patok. Mendadak Anne ngedance ketika mendengar lagu viral berjudul ‘Jenglang-Jengling’ tanpa malu, tanpa ragu.

Jujur, saya terhibur sekali. Pastinya juga happy. Kamu bisa tonton deh keseruannya di sini.

Nah, kamu tertarik buat wisata ke Cirebon? Jangan lupa mampir ke danau Setu Patok ya!

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar