Tips Sehat saat Liburan Akhir Tahun bersama Si Kecil

Hola, Traveler …

Berencana mengajak si kecil untuk menikmati momen liburan akhir tahun?

Ini pasti akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, baik bagi orang tua maupun si anak.

Namun penting sekali untuk menerapkan tips sehat saat liburan akhir tahun bersama si kecil demi kebaikan bersama. Mari cari tahu apa saja tips yang bisa diterapkan.

Risiko Liburan Bersama Si Kecil

Sebelumnya penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui apa saja risiko membawa anak pergi liburan. Apalagi di momen liburan yang padat keramaian seperti akhir tahun ini.

Meskipun pandemi COVID-19 mungkin sudah mereda, namun orang tua tetap wajib waspada akan penularan virus tersebut.

Selain adanya risiko terinfeksi COVID-19, berlibur saat momen akhir tahun ini juga meningkatkan risiko terserang berbagai jenis penyakit lainnya.

Selain itu, anak juga biasanya jadi tidak punya jadwal makan yang teratur seperti saat dirinya di rumah. Ini juga berpengaruh pada kondisi kesehatan dan imunitas si kecil.

Belum lagi jika anak terlalu capek karena banyak jalan-jalan selama berlibur. Ini juga bisa membuat daya tahan tubuh anak semakin menurun. Jika daya tahan tubuh menurun maka potensi terserang penyakit akan jadi jauh lebih besar.

FYI, ngomongin soal liburan bersama anak, saya merasa beruntung memiliki anak yang super aktif dan sehat sehingga bisa fleksibel diajak liburan.

Padahal dulu saya berpikir bahwa dengan hadirnya anak, hobi traveling saya akan pupus.

Akan tetapi nyatanya tidak demikian. Ketika mereka masih kecil, saya suka melakukan deteksi tumbuh kembang sejak dini. Saya mencoba cari tahu bakat mereka di mana. Saya juga mencari tahu, kesukaan mereka. Apakah sama dengan saya juga?

Tenyata, buah dari kekepoan dan kegigihan saya soal parenting, kini saya bisa rasakan dampak positifnya saat ini. Ya, salah satunya kesukaan kami sama, yakni traveling.

Tips Sehat Saat Liburan Akhir Tahun Bersama Si Kecil

Tips liburan bersama si kecil

Meskipun ada risiko kesehatan yang membayangi, namun Anda tidak seharusnya takut membawa si kecil berlibur di momen akhir tahun. Coba saja terapkan tips-tips di bawah ini agar bisa tetap mengajak si kecil berlibur dalam kondisi sehat dan bahagia:

1. Pilih Destinasi Wisata yang Tepat

Pertama-tama, pilihlah dulu destinasi wisata yang tepat. Ini sangat penting karena pada dasarnya tidak semua tempat wisata cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak.

Apalagi di momen akhir tahun saat banyak orang juga ingin pergi berlibur. Lebih baik pilih destinasi liburan yang nyaman untuk anak atau kid-friendly. Selain itu pastikan destinasi tersebut punya fasilitas yang memadai untuk anak-anak.

Dalam hal ini Anda juga bisa melibatkan anak untuk mengambil keputusan. Ingat, jika anak bahagia dan menikmati momen liburannya maka daya tahan tubuh anak juga pasti akan lebih kuat. Ajak anak memilih destinasi wisata mana yang ingin didatangi.

2. Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Jangan lupa, bawalah bekal makanan dari rumah. Ini bisa dilakukan jika destinasi wisata yang ingin dikunjungi tidak terlalu jauh dan Anda tidak perlu menginap.

Namun jika memang harus menginap sebenarnya bisa diakali dengan membawa camilan sehat atau makanan yang cukup awet seperti buah-buahan.

Bekal makanan dari rumah sangat membantu anak-anak tetap mendapatkan asupan nutrisi selama berlibur.

Tidak masalah jika harus makan di luar, namun usahakan paling tidak ada camilan dari rumah atau buah-buahan yang sehat.

Selain bisa diatur kandungan nutrisinya, hal ini juga mempermudah Anda untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi dalam kondisi bersih.

3. Pilih Transportasi yang Nyaman

Pastikan untuk memilih jenis transportasi yang nyaman dan aman untuk pergi berlibur. Memang paling mudah jika membawa kendaraan atau mobil pribadi.

Tapi jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk membawa mobil pribadi maka pilihlah fasilitas transportasi umum yang ramah untuk anak-anak.

4. Bawa Obat-obatan

Selanjutnya jangan lupa untuk membawa obat-obatan. Ini sangat penting sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu anak jatuh sakit saat berlibur.

Tidak hanya untuk si kecil, obat-obatan ini juga penting untuk orang dewasa yang ikut liburan. Lengkapi jenis obatnya, siapkan juga jenis obat spesifik jika anak menderita sakit tertentu dan harus mengonsumsi obat.

5. Siapkan Vitamin

Selain obat, Anda juga perlu membawa vitamin atau suplemen. Bawalah suplemen yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil selama liburan.

Ingatkan anak untuk mengonsumsi suplemen tersebut secara rutin. Pilihlah jenis suplemen yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan rasanya disukai oleh mereka.

Jangan lupa, orang dewasa juga harus menyediakan suplemen. Jika orang tuanya sehat, maka anak-anak juga pasti akan sehat. Jangan sampai orang tuanya malah tumbang dan pada akhirnya menulari virus ke anak.

6. Pesan Tempat Menginap yang Nyaman

Usahakan untuk memesan tempat menginap yang nyaman dan fasilitasnya lengkap. Ini juga penting karena tempat menginap ini akan menjadi tempat untuk beristirahat.

Anda bisa memilih hotel, villa, atau mungkin homestay yang kid-friendly. Jika anak-anak merasa nyaman saat tidur, mereka pasti akan lebih kuat keesokan harinya dan daya tahan tubuhnya selalu terjaga.

7. Jaga Kebersihan Dimana Saja

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dimana saja. Apalagi Anda akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ramai orang.

Ingatlah untuk selalu mencuci tangan dengan sabun jika memungkinkan. Jangan lupa bawa hand sanitizer, tisu basah, dan hygiene kit lainnya.

Semoga saja tips sehat saat liburan akhir tahun bersama si kecil ini bisa membantu Anda menikmati momen bersama keluarga tanpa rasa khawatir.

Apabila si kecil menunjukkan tanda-tanda sakit selama liburan, cobalah untuk menggunakan aplikasi konsultasi dokter online atau Anda bisa konsultasi dengan pakarnya di sini.

Yuk, berikan waktu jeda dulu agar si kecil bisa beristirahat sebelum lanjut berlibur. Adakah tips liburan lainnya bersama si kecil? Sharing, yuk!

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar