Traveling Cara Aku, Jelajahi Pantai-Pantai Jogja yang Penuh Pesona

Jogja memang penuh cerita. Kota ini selalu jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sekalipun 3 tahun lalu sempat eksplor beberapa pantai di sini, entah kenapa rasanya hati ingin terus saja menuntaskan rindu traveling ke kota pelajar ini.

Sebenarnya tak heran kenapa Jogja bikin rindu. Selain begitu banyak objek wisata yang menarik untuk dijelajahi. Terutama pantai-pantainya yang eksotis, di sini juga bisa bikin rileks pikiran banget.

Fix, menjelajahi berbagai lokasi pantai di Jogja akan aku jadikan wishlist traveling di tahun depan!

Kesan Mendalam pada Pantai

Kenapa pantai?

Aku suka sekali dengan pantai karena keindahannya yang menakjubkan. Terkadang aku juga menyukai pantai karena tempat ini menawarkan ketenangan batin.

Saat aku berkunjung ke pantai, biasanya aku langsung merasa tenang dan beban pikiran jadi lepas begitu saja.

Pantai jadi destinasi yang tidak hanya menyenangkan mata tapi juga pikiranku. Berada di pantai membuat aku bisa lebih tenang dan yakin kalau semua masalah pasti ada solusinya.

Mungkin hal ini pula yang bikin aku selalu memilih untuk duduk diam saat di pantai, menikmati deburan ombak dan memandangi langit yang indah.

Sungguh beruntungnya aku tinggal di Indonesia, negeri tempat banyak sekali pantai indah bertebaran dimana-mana.

Termasuk salah satunya di kota pelajar Jogja. Sudah pasti aku tidak akan melewatkan momen liburan di Jogja begitu saja tanpa mengunjungi pantai-pantainya. Mau tahu pantai mana saja yang jadi wishlist aku kalau ke Jogja?

Pantai Impian yang Ingin Dijelajahi

Jogja punya banyak sekali lokasi pantai yang bisa dikunjungi. Supaya pengalaman traveling besok lebih berkesan, aku ingin membuat wishlist lokasi-lokasi pantai di Jogja yang terbilang unik.

Yuk, simak lokasi pantai Jogja mana saja yang ingin aku jelajahi!

Pantai Timang

Pilihan pertama jelas aku ingin berkunjung ke Pantai Timang. Pantai ini sangat populer di Jogja bahkan lebih populer lagi sejak masuk ke program acara TV Korea Selatan, Running Man. Aku ingin menjelajahi pantai ini dan melihat apa yang seru di sana.

Salah satu hal menarik yang bikin aku penasaran tentang Pantai Timang adalah wahana uji adrenalin di sana.

Ada sebuah gondola tradisional yang membentang di atas air laut. Gondola ini hanya ditarik pakai tali dan penumpangnya akan menyeberangi lautan dengan deburan ombak kencang di bawahnya.

Gondola ini dipakai untuk menyeberang ke Pulau Watu Panjang. Menariknya lagi di lokasi pulau tersebut pengunjung bisa berburu lobster.

Selain bisa menyeberang pakai gondola, Pantai Timang juga sangat menarik untuk dikunjungi karena tidak berpasir.

Sangat unik karena pantai ini memiliki gugusan karang yang eksotis dan tidak punya area berpasir seperti pantai-pantai lainnya.

Pantai Nguluran

Lanjut ke lokasi pantai berikutnya yang ingin aku jelajahi yaitu Pantai Nguluran. Lokasi pantai ini sempat hits beberapa waktu lalu karena ada spot berfoto yang sangat estetik di sana. Spot foto tersebut terbuat dari jembatan kaca yang berdiri kokoh di atas bukit.

Melalui jembatan kaca ini, pengunjung bisa berfoto ria dengan background pemandangan laut lepas yang begitu luas.

Menariknya lagi, lewat jembatan ini pengunjung juga bisa melihat bukit-bukit indah di area sekitar pantai. Rasanya pasti enak sekali ya bisa naik ke jembatan kaca tersebut lalu melihat pemandangan pantai yang luar biasa menakjubkan.

Pantai Sadranan

Banyak juga yang merekomendasikan untuk berkunjung ke Pantai Sadranan. Dengar-dengar, lokasi pantai ini tidak hanya indah tapi juga punya deburan ombak yang cocok untuk olahraga air.

Aku sendiri sangat tertarik untuk mencoba berbagai aktivitas air seru di sana, salah satunya adalah snorkeling.

Snorkeling menjadi salah satu jenis aktivitas yang banyak sekali dilakukan oleh para turis saat berkunjung ke Pantai Sadranan.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Pantai Sadranan ini dikenal biasa saja jika dilihat dari permukaan, tak jauh beda dari pantai-pantai lain. Hal yang membuat pantai ini berbeda adalah pemandangan bawah laut yang dimilikinya.

Saat menyelami laut di lokasi Pantai Sadranan ini, ada begitu banyak keindahan yang bisa dinikmati.

Berbagai jenis biota laut bisa dilihat di sana. Menariknya lagi semua perlengkapan snorkeling sudah tersedia dan bisa disewa. Kalaupun hanya ingin bermain pasir di tepian pantai juga tidak masalah karena pasirnya berwarna putih dan bersih.

Pantai Nglambor

Kalau urusan snorkeling, aku memang sangat tertarik. Rasanya menarik sekali bisa melihat kehidupan bawah laut yang begitu indah. Seperti masuk ke dunia lain yang sepenuhnya berbeda. Selain Pantai Sadranan, Jogja juga punya Pantai Nglambor yang populer dijadikan sebagai tempat snorkeling super asyik.

Panorama bawah laut di Pantai Nglambor memang penuh pesona. Banyak orang yang mengatakan kalau pengalaman snorkeling di Pantai Nglambor sangat berkesan dan tidak mengecewakan.

Tidak cuma pemandangan bawah lautnya yang memukau, pemandangan di area pantainya juga sangat memesona.

Salah satu alasan kenapa Pantai Nglambor dikenal indah adalah adanya dua bukit karang besar yang berdiri tegak di tengah air laut.

Fakta menariknya, karang besar ini bisa membantu meredam ombak pantai yang terlalu kencang. Jadi perairan di sekitar bukit tersebut sangat aman digunakan sebagai spot snorkelling.

Pantai Pok Tunggal

Banyak orang mengatakan kalau Pantai Pok Tunggal ini punya pemandangan yang sangat bagus. Tapi medan untuk menuju ke pantai ini ternyata cukup jauh dan menantang.

Hanya saja begitu sampai di lokasi pantainya, siapapun tidak akan merasa lelah. Perjalanan panjang untuk menuju lokasi pantai ini pasti langsung terlupakan begitu saja.

Pemandangan Pantai Tok Tunggal ini sangat eksotis dengan perpaduan air laut yang jernih dan pasir pantai putih. Tempat ini mungkin bisa jadi spot yang tepat untuk aku merenung dan healing sejenak.

Kalau memang ingin mencari keindahan pantai yang murni dan asli, sepertinya Pantai Pok Tunggal ini adalah pilihan destinasi terbaik.

Pantai Watu Kodok

Wishlist berikutnya adalah Pantai Watu Kodok, sebuah lokasi pantai di Jogja yang terkenal unik dan pemandangannya masih sangat alami.

Pantai Watu Kodok ini masih terbilang baru jadi belum banyak orang yang berkunjung ke sana.

Pemandangannya begitu indah, air lautnya sangat jernih, pasir pantainya juga berwarna putih dan masih sangat bersih.

Mungkin sekarang Pantai Watu Kodok sudah semakin ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Tapi bagaimanapun juga Pantai Watu Kodok ini tetap menyajikan panorama yang eksotis dan sulit untuk ditolak.

Ada juga keunikan lain di sana yaitu adanya batu karang dengan area teman yang menyerupai kodok dan menjadi inspirasi nama pantai tersebut.

Jadi tambah penasaran ingin melihat batu karang tadi secara langsung.

Pantai Ngrenehan

Aku juga berencana untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan kalau sewaktu-waktu dapat kesempatan datang ke Jogja.

Pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Pasir putihnya masih sangat bersih dan air lautnya sangat jernih, menunjukkan warna kehijauan yang sangat cantik.

Menariknya lagi, pantai ini merupakan spot bagi para nelayan. Aku ingin melihat langsung seperti apa kapal-kapal para nelayan di sana.

Jika beruntung aku bisa menikmati tangkapan ikan segar dari para nelayan. Pantai ini tidak terlalu besar tapi kabarnya cukup membuat para pengunjung terkesima dengan pemandangannya yang luar biasa dan menakjubkan.

Lokasi pantai ini juga kabarnya tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Tempatnya jauh lebih tenang dari lokasi-lokasi pantai yang sebelumnya tadi.

Mungkin aku bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu pilihan spot untuk healing sejenak. Cocok juga buat wisata kuliner karena banyak warung makan yang menyajikan menu seafood segar di sana.

Pantai Kesirat

Katanya kalau mau berburu sunset yang indah di Jogja, datanglah ke Pantai Kesirat. Sebagai salah satu pencinta laut dan pemburu sunset, jelas ini jadi kabar baik. Tidak perlu berpikir panjang, aku akan memasukkan lokasi pantai ini ke wishlist tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Pantai Kesirat ini memang belum lama diresmikan oleh pemerintah. Meskipun begitu orang-orang sudah banyak yang mengenalinya.

Bahkan tempat ini menjadi spot favorit untuk menyaksikan langsung seperti apa keindahan detik-detik matahari terbenam. Jelas ini jadi spot yang tepat untuk merenung, meditasi, dan healing sejenak.

Pantai Kesirat ini cocok banget buat dikunjungi sama para pencinta alam. Selain bisa lihat laut yang membentang luas, di Pantai Kesirat pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bukit-bukit hijau yang memanjakan mata.

Tempat Menginap Impian

Supaya bisa menjelajahi tempat-tempat tadi, aku berencana untuk menginap di Penginapan Griya Watukelir.

Lokasinya ada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Penginapan ini punya konsep yang unik dimana kamar-kamarnya hadir dalam bentuk bungalow yang desainnya lucu.

Selain pertimbangan lokasi, aku tertarik menginap di tempat ini karena desain areanya yang unik dan estetik.

Selain itu ulasan dari para tamu juga menunjukkan tempat menginap ini memang layak jadi pilihan. Fasilitasnya cukup memadai dan lokasinya dekat dengan beberapa spot pantai. Jadi aku bisa menginap di satu tempat saja tapi tetap bisa menjelajahi banyak lokasi pantai.

Kalau dilihat-lihat dari ulasan dan kumpulan foto penginapan ini, fasilitasnya cukup memadai.

Ada paket sarapan juga yang bisa didapatkan oleh para tamu. Pokoknya fasilitas yang ditawarkan seperti sudah lengkap jadi aku bisa menikmati waktu menginap secara optimal.

Tambah tidak sabar lagi rasanya untuk mewujudkan rencana traveling-ku ke Jogja. Menikmati pemandangan pantai-pantai yang memesona dan menginap di tempat yang estetik. Pasti ini akan jadi sebuah perjalanan wisata yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Yuk, Rencanakan Liburan Bareng Traveloka!

Aku sih tidak pusing lagi jika ingin merencanakan traveling atau liburan untuk tahun 2023 mendatang.

Aku percaya pada Traveloka sebagai sobat traveling yang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan. Sebelum 2022 berakhir, aku bisa mulai menyusun rencana traveling bersama Traveloka. Kamu juga bisa ikut rencanakan liburan di Traveloka untuk tahun 2023 mendatang.

Lewat satu aplikasi saja kamu bisa susun liburanmu dengan mudah dan lengkap. Tidak perlu lagi ribet booking hotel, alat transportasi, dan tiket masuk dengan aplikasi yang berbeda-beda. Semua bisa diakses dengan mudah dan jauh lebih praktis pakai fitur aplikasi Traveloka.

Menjelajahi berbagai jenis lokasi pantai jadi salah satu wishlist yang ingin aku wujudkan di tahun 2023 mendatang. Traveloka membuat hal tersebut semakin mudah untuk diwujudkan.

Yuk, kamu juga bisa susun rencana traveling sesuai kata hatimu. #LifeYourWay dan nikmati pengalaman traveling yang selama ini sudah kamu impikan!

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar