Tempat Romantis di Purwokerto

Ada banyak pilihan tempat wisata romantis dekat stasiun Purwokerto yang bisa menjadi pilihan. Selain mempunyai pemandangan alam yang indah, objek wisata di kota ini juga terkenal ramah di kantong.

Meski dengan budget terbatas, pengunjung bisa berlibur dan bersantai bersama keluarga, teman dan pasangan. Alam Purwokerto masih asri dengan wilayah yang berupa bukit, menjadikannya mempunyai hawa yang sejuk.

Tidak salah jika banyak wisatawan dari luar kota yang mengagendakan untuk berlibur dan menikmati berbagai destinasi tersebut.

Rekomendasi Tempat Romantis di Purwokerto

Purwokerto merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang cukup mudah diakses. Apalagi dengan adanya stasiun yang disinggahi hampir semua kereta api dari arah timur ke Jakarta sehingga menjadikan setiap orang yang akan berkunjung tidak perlu bingung mencari sarana transportasi.

Beberapa pilihan destinasi wisata romantis yang layak untuk dikunjungi adalah:

Alun-alun Purwokerto

Meski tidak terlalu luas, Alun-alun Purwokerto merupakan salah satu destinasi wisata romantis yang sayang jika terlewatkan.

Letaknya berada di tengah kota Purwokerto sehingga memudahkan siapa saja yang ingin datang berwisata.

Air mancur yang ada di tengahnya merupakan daya tarik bagi pengunjung.

Apalagi pada saat malam hari menjadikan destinasi ini terasa sangat romantis. Pengelola tidak memungut biaya, sehingga semua pengunjung dapat menikmati keindahannya secara gratis.

Jika ingin datang ke destinasi wisata satu ini, letaknya di Jln. Jend Sudirman, dari stasiun kereta hanya berjarak sekitar 1,5 km saja.

Telaga Sunyi

Seperti namanya, objek wisata satu ini mempunyai pemandangan alam yang masih asri dan suasana sunyi sehingga sangat romantis serta cocok untuk pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Gemericik suara air yang jatuh di telaga membuat suasana semakin menarik.Pengunjung bisa berlama-lama menikmati keindahannya karena buka dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB.

Harga tiket untuk bisa menyaksikan keindahan telaga ini terbilang murah, yaitu Rp. 15 ribu per orang.

Lokasinya cukup dekat dari stasiun Purwokerto, yaitu sekitar 16 km saja. Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahannya, dari pusat kota bisa mengambil arah Baturaden karena destinasi ini serah dengan objek wisata terkenal tersebut.

Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah toilet dan kamar mandi, area parkir serta warung yang menjajakan kuliner lokal.

Telaga Kumpe

Telaga merupakan destinasi yang cukup banyak di Purwokerto, termasuk Telaga Kumpe yang terletak di Kecamatan Cilongok.

Objek wisata ini menyajikan pemandangan alami yang terkenal sangat indah dan romantis.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap sehingga memberi kenyamanan bagi wisatawan.

Harga tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp. 5 ribu saja dan waktu buka 24 jam.

Selain pemandangan alam yang eksotik, daya tarik lain dari telaga ini adalah berbagai spot cantik, camping ground, ziarah ke petilasan dan perahu sampan untuk mengitari telaga.

Jika ingin berwisata, dari stasiun Purwokerto bisa mengambil arah Jln. Ajibarang, masuk ke Jln. Kaliori, Jln. Raya Patikraja, selanjutnya ke Jln Kalimanggis dan masuk ke area Telaga Kumpe.

Curug Penganten

Curug bisa menjadi destinasi yang romantis bagi sepasang kekasih karena dapat berjalan menyusuri sekitarnya dengan bergandeng tangan di kawasan yang dikelilingi hutan alami.

Di destinasi yang ada di Purwokerto ini terdapat air terjun setinggi 50 meter yang terasa dingin dengan pemandangan asri.

Menurut banyak orang, destinasi ini terkenal mistis. Pengunjung bisa masuk dengan harga tiket Rp. 5 ribu saja. Buka dari jam 7.30 hingga 17.00 WIB, pengunjung bisa leluasa menikmati keindahannya.

Karena masih alami, belum terlalu banyak fasilitas yang tersedia, baru ada gazebo, tempat parkir, toilet dan warung.

Terletak di desa Cidondong, Kecamatan Lumbir, untuk menuju destinasi satu ini dari stasiun tinggal mengambil arah Lumbir, selanjutnya selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah ada.

Desa Baseh

Baseh merupakan desa yang masih asri sehingga bersepeda sepanjang jalan atau melakukan aktivitas lain dengan pasangan akan terasa sangat romantis.

Di desa ini juga terdapat banyak curug alami yang sangat asri, apalagi masih jauh dari polusi.

Kamu dan pasangan bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahannya. Terletak di kecamatan Kedungbanteng. Dari Purwokerto berjarak 15 km, pengunjung bisa masuk ke Jln Ajibarang kemudian langsung menuju ke Kecamatan Kedungbanteng.

Bisa juga dari Purwokerto ke Pasar Karanglewas-Dawuhan Kulon dan masuk ke Desa Baseh.

Bukit Bintang

Destinasi berupa bukit ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang hijau dan menarik.

Pengunjung akan mendapat suguhan pemandangan alam yang eksotik berupa sunrise dan sunset, taman botani dan spot foto cantik.

Meski untuk masuk gratis, banyak fasilitas yang tersedia, seperti toilet, tempat duduk, parkir luas, warung dan amphiteater.

Untuk menuju destinasi ini cukup mudah. dari stasiun Purwokerto bisa menuju Jln. Baturaden, kemudian masuk ke Dusun III Karangmangu sejauh 5,7 km dan sudah sampai ke Bukit Bintang.

Taman Satria

Taman Satria merupakan objek wisata yang tidak kalah romantis di Purwokerto. Kamu dan pasangan bisa duduk menikmati pemandangan dan keindahan destinasi keren ini.

Waktu berkunjung pun cukup longgar karena buka sepanjang hari atau selama 24 jam. Lampu dan kursi-kursi yang sedia semakin membuat nyaman pengunjung.

Untuk menikmati keindahan taman ini tidak dipungut biaya atau gratis. terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung.

Selain kursi, terdapat perosotan, ayunan, kereta wisata untuk berkeliling dan museum dan kebun binatang mini.

Bagi yang ingin berwisata kuliner, di taman ini banyak kafe yang terkenal karena hidangannya enak dan murah.

Jika ingin menuju objek satu ini, dari stasiun hanya berjarak 6 km saja. Keluar dari stasiun pengunjung bisa masuk ke Jln Sudirman dan langsung ke Taman Satria.

Bukit Badar Watu Meja

Meski untuk menuju destinasi ini pengunjung harus melewati jalan menanjak namun jika berjalan dengan kekasih pasti akan terasa lebih romantis.

Setelah sampai, pengunjung akan langsung mendapat suguhan pemandangan alam yang sangat menarik. Mulai dari bukit, hutan yang hijau, kabut hingga sungai di bawahnya yang terlihat berkelok dan cantik.

Harga tiket di destinasi ini sangat terjangkau, yaitu Rp. 6 ribu per orang. Pengunjung bisa berwisata mulai dari jam 06.00 hingga 18.00 WIB.

Lokasi objek wisata ini di Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Desa Tumiyang, Kec. Kebasen.

Dari stasiun Purwokerto menuju Jln. Sudirman, lalu masuk Jln. Bung Hatta, ke Jln. Serayu, ke Jln. Kebasen dan tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Bukit Badar Watu Meja.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini: area parkir, warung, spot instagramable, gazebo, tempat duduk dan toilet.

Curug Jenggala

Curug ini juga menghadirkan pemandangan yang sangat eksotis dan romantis, cocok untuk pasangan yang ingin berlibur bersama.

Banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk mengabadikan kunjungan bersama orang tercinta. Buka mulai jam 08.00 hingga 18.00, pengunjung bisa leluasa menikmati keindahannya.

Harga tiket masuknya pun murah, Rp 5 ribu. Berada di Jl. Pangeran Limboro, Kalipagu, Desa Ketenger, Kec. Baturaden, untuk menuju lokasi wisata satu ini sangat mudah.

Dari stasiun Purwokerto ambil arah Jln Sudirman, kemudian mengikuti petunjuk arah ke Baturaden dan selanjutnya tinggal ambil arah desa Ketenger.

Seperti destinasi lain, tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, lokasi parkir, warung makan dengan menu lokal yang enak dan murah serta spot instagramable.

Selain itu, tersedia juga mushola dan gazebo yang bisa digunakan oleh kamu dan pasangan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan destinasi ini.

Curug Bayan

Kontur Purwokerto dan sekitarnya yang berada di lereng Gunung Slamet menjadikan area ini mempunyai banyak curug, bukit dan telaga.

Salah satu objek wisata romantis berlatar keindahan alam yang asri adalah Curug Bayan. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat Purwokerto.

Harga tiket yang harus dibayar pengunjung sangat terjangkau, Rp. 10 ribu per orang.

Curug ini bukan hanya menyajikan pemandangan yang asri, tetapi juga suara gemericik air yang membuat nuansa semakin alami. Selain menambah keintiman pasangan, setiap pengunjung yang datang bisa merasakan pikiran yang kembali rileks dan fresh.

Pengunjung bisa bermain air dan menghirup udara segar mulai dari pagi hingga petang karena objek wisata ini buka dari jam 06.00 hingga 18.00 WIB.

Bagi yang ingin menikmati suasana malam di Curug Bayan, tersedia penginapan yang nyaman. selain itu, ada gazebo, toilet, tempat parkir aman, mushola dan fasilitas lainnya.

Karena berada dalam satu area dengan destinasi wisata Baturaden, untuk menuju lokasi ini dari stasiun Purwokerto tinggal mengambil arah Jln Sudirman, selanjutnya mengikuti rambu menuju Baturaden.

Setelah sampai di kawasan ini dapat langsung menuju curug yang terletak di desa Ketenger.

Bukit Tranggulasih

Menghabiskan malam bersama untuk berwisata di atas bukit pasti bisa menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Apalagi jika memilih berwisata di bukit Tranggulasih yang terkenal eksotis dan romantis. Salah satu tempat wisata romantis dekat stasiun Purwokerto ini semakin banyak peminatnya karena keindahan alam yang terbentang.

Pengunjung bisa menyaksikan keindahan Purwokerto dan sekitarnya dari atas bukit sepanjang siang dan malam karena destinasi ini buka 24 jam.

Landscape yang berlatar pegunungan menjadikan objek wisata ini semakin cantik sepanjang waktu.

Setiap wisatawan tidak perlu khawatir karena di destinasi ini tersedia fasilitas lengkap yang memadai. Mulai dari toilet, area parkir, mushola, spot instagramable, warung wisata sampai penginapan dan camping area. Menghabiskan waktu bersama kekasih akan terasa semakin menyenangkan.

Harga tiket masuk destinasi ini cukup murah, Rp. 5 ribu per orang. Lokasinya di desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan destinasi ini bisa datang melalui melalui Jl Kaliputih, Jl Jatisaba Kidul, Jl Raya Gedong, Jl Raya Pejogol, Jl Ajibarang Secang, Jl Raya Kedungbanteng, Jl Raya Dawuhanwetan, dan Jl Windujaya.

Purwokerto merupakan destinasi wisata yang recommended karena banyak menyimpan keindahan alam. Kamu dan pasangan bisa menikmati suasana romantis bersama.

Banyaknya pilihan tempat wisata romantis di Purwokerto memudahkan pengunjung yang datang denagn kereta api. Apalagi hampir semua destinasi tersebut terbilan ramah di kantong dan menyajikan keindahan alam yang sangar asri.

malica ahmad
About the author

Hello, I am Malica Ahmad. Indonesian Blogger, Lifestyle and Travel Blogger, Writerpreneur, Ghostwriter, and exciting about SEO Content Writing. Send me message of offering job here malicaahmad13@gmail.com