5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers!

Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis.

Jawa Timur juga memiliki pantai dengan keindahan yang tak kalah keren. Berbagai tempat wisata di Banyuwangi banyak mengundang decak kagum dari para pengunjung. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah.

Saat ini, Pantai Pulau Merah, Banyuwangi menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini tidak lain karena kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan.

Banyuwangi memiliki banyak pantai, tentunya hal ini menjadikan Banyuwangi lebih dikenal dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi pantai, salah satu yang menjadi pilihan para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini merupakan bagian dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan Pantai Pancer.

Berikut adalah lima hal yang harus Anda ketahui tentang Pantai Pulau Merah, Banyuwangi yang sangat memesona.

1. Asal-usul Nama

Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan Pantai Ringin Pintu. Nama Pulau Merah merujuk pada bukit kecil di tengah laut yang memiliki tanah berwarna merah. Namun, pulau tersebut tidak terlihat merah karena adanya pohon yang tumbuh di sana. Selain warna merah dari tanah bukit kecil tersebut, pantai ini memang terlihat sangat merah ketika sore hari yang terkena sinar matahari terbenam, terutama pada saat kemarau.

2. Ombak, Daya Tarik Para Peseluncur

Salah satu daya tarik Pantai Pulau Merah  adalah ombak pantainya. Para peseluncur tak akan dapat mengelak dari godaan ombak yang memanggil mereka untuk bermain bersama. Bahkan, banyak dari mereka memilih untuk menginap selama berhari-hari untuk bisa menikmati ombak di Pantai Pulau Merah.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bahkan telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya dengan melibatkan peserta dari 20 negara di seluruh dunia. Anda tidak membawa papan selancar? Anda dapat menyewanya di tempat penyewaan yang ada di pinggir pantai. Biasanya harga sewa satu papan selancar sebesar Rp 50.000.

3. Berkunjung ke Pura Tawang Alun

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat sebuah pura yang juga bisa Anda kunjungi. Pura Tawang Alun Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain digunakan untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapatkan kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Bromo. Ketika berkunjung ke Pantai Pulau Merah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk sekedar berkeliling santai dan melihat lihat tempat yang sakral ini.

4. Mau Mendengar Kisah Mistis Pantai Pulau Merah?

Selain ombak dan pantainya yang memesona, ada sebuah keunikan dari Pantai Pulau Merah. Banyak sekali kisah mistis yang beredar terkait dengan Pantai Pulau Merah ini. Warga setempat melihat kilatan cahaya merah yang melintas di pantai tersebut, sehingga ada yang mengatakan hal tersebutlah yang menjadi latar belakang nama pantai ini. Ada juga sebuah pura yang tidak hancur ketika terjadi tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.

5. Kuliner yang Menggoda Selera

Ketika memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, Anda akan disuguhi beragam kuliner khas Banyuwangi, seperti rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. Kebersihan tempat dan makanan yang disajikan tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Pantai Pulau Merah adalah kawasan eksotis di Banyuwangi yang saat ini berkembang dan mampu bersaing dengan Bali. Berwisata ke tempat ini menjadi salah satu hal yang wajib, karena, eloknya pulau merah. Jadi, kapan agenda liburan Anda berkunjung ke sini?

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

SERUNYA 20 JAM BERLAYAR KE PULAU LOMBOK DENGAN KAPAL...

Hola, Travelers! Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman seru bersama keenam travel blogger naik...

WAE REBO, KAMPUNG DI ATAS AWAN UNIK DAN MENAWAN

Kau mainkan untukku Sebuah lagu tentang negeri di awan Dimana kedamaian menjadi istananya Dan kini tengah kaubawa Aku...

Wajib Tahu! Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di...

Hola, Travelers! Sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Rasanya belum lengkap jika ke Banyuwangi, Anda tidak...

Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu...

Hola, Travelers! Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak...

5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers! Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis. Jawa...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here