Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu Wisatawan

Hola, Travelers!

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak kagum. Bisa dibilang Pulau Komodo menjadi primadona masyarakat tanah air. Bahkan kabarnya, daerah satu ini merupakan tujuan wisata terfavorit dan digandrungi, baik oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Mengaggumkan, bukan?

Pesona Pulau Komodo memang tak terbantahkan. Tak heran jika para wisatawan rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa berlibur di sana.

Selain menyuguhkan pemandangan hewan Komodo yang satu-satunya belum punah di Indonesia, di sekitar pulau Komodo juga dikelilingi oleh pulau-pulau cantik nan memesona. Tak hanya itu, Pulau Komodo juga menyuguhkan pantai-pantai eksotik yang tak kalah indah.

Salah satunya adalah Pink Beach. Pantai menawan yang memiliki pasir berwarna merah muda. Pantai ini terletak dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Pink Beach adalah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Pantai lain yang juga memiliki pasir berwarna merah muda hanya terdapat di adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina;  Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Pink Beach berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju ke Lokasi, Anda harus menggunakan beberapa moda transportasi. Dengan memanfaatkan jasa sewa kapal Labuan Bajo, yaitu speed boat, para wisatawan diantarkan menuju Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo. Perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan tracking.

Tracking menuju spot wisata ini lumayan menantang. Namun para wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan sekitar dan melihat Komodo dari dekat. Perjalanan tracking memakan waktu sekitar 4 jam dengan melewati tebing-tebing karang dan hutan bakau.

Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Taman bawah laut Pink Beach adalah istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Ada beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang Pink Beach.

1. Warna Pink pada Pasirnya

Penyebab pasir pantai berwarna merah muda belum dapat dipastikan. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa warna merah muda ini berasal dari pecahan karang yang telah mati, serta banyak ditemukan di pantai. Ada pula yang berpendapat bahwa warna merah muda didapat dari adanya hewan mikroskopik yaitu foraminifera yang dapat memproduksi warna merah muda di terumbu karang.

2. Rumah bagi Komodo Dragon

Anda berencana untuk mengunjungi pantai ini? Jangan kaget jika nantinya akan bertemu dengan Komodo Dragon. Spesies reptil terbesar yang masih tersisa di dunia ini bisa ditemui karena memang pulau ini adalah habitat aslinya. Pastikan Anda menjauh jika menemui Komodo. Karena pulau ini tak berpenghuni, Komodo akan menganggap Anda sebagai musuh.

3. Bukit Sabana yang Luas

Wilayah Flores dikenal dengan iklimnya yang kering. Itu sebabnya, banyak sabana yang bisa ditemukan d daerah ini, termasuk Pulau Komodo. Jika Anda ingin memiliki angle unik lainnya untuk berfoto, sebaiknya naik ke atas bukti sabana.

Dari atas bukit, Anda dapat melihat keindahan lokasi wisata ini, air laut yang biru, dan juga barisan koral di bagian pesisirnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pulau dari atas bukit yang tentu saja menakjubkan untuk dan sayang jika Anda lewatkan.

4. Koral dan Ikan yang Indah

Pink Beach yang tidak berpenghuni dan sepi membuat kelestarian alamnya tetap terjaga. Warna air laut hijau toska dan sangat jernih tidak boleh dilewatkan. Selain itu, karang-karang yang ada di laut dapat dilihat dengan mata langsung. Snorkeling dan diving adalah kegiatan yang wajib dilakukan di sini. Keanekaragaman hayati yang penuh warna: ribuan jenis ikan, ratusan terumbu karang dan lain-lain akan memanjakan mata Anda.

Mengingat Pink Beach adalah pantai tak berpenghuni dan berada di kawasan yang terpencil, Anda harus menuju Labuan Bajo untuk memenuhi kebutuhan penginapan dan akomodasi lainnya.

Siap menjelajahi Pink Beach, Travelers? Siapkan perbekalan yang cukup, ya!

Malica Ahmadhttps://www.mywordsjourney.com
Menulis dan perjalanan adalah dua hal yang akan bermuara pada satu titik. Yaitu bagaimana jati diri seseorang ditemukan.

Related Stories

Discover

5 Hal Menarik di Balik Kisah Mistis Gunung Argapura...

Mendaki adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Meski medan pendakian tidak mudah, rasanya bukan masalah...

SERUNYA 20 JAM BERLAYAR KE PULAU LOMBOK DENGAN KAPAL...

Hola, Travelers! Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman seru bersama keenam travel blogger naik...

WAE REBO, KAMPUNG DI ATAS AWAN UNIK DAN MENAWAN

Kau mainkan untukku Sebuah lagu tentang negeri di awan Dimana kedamaian menjadi istananya Dan kini tengah kaubawa Aku...

Wajib Tahu! Ini 5 Rahasia Menarik Blue Fire di...

Hola, Travelers! Sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Rasanya belum lengkap jika ke Banyuwangi, Anda tidak...

Pink Beach, Permata Tersembunyi dari Pulau Komodo yang Diburu...

Hola, Travelers! Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Ketika namanya disebut, siapapun akan berdecak...

5 Hal Tentang Pantai Merah, Dewatanya Banyuwangi yang Memesona

Hola, Travelers! Anda tidak harus jauh-jauh ke Pulau Bali demi mendapatkan sebuah pemandangan yang eksotis. Jawa...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here